Rumah Ketua Panitia Pilkades Hu’u Dibakar, Diduga Buntut Sengketa Pilkades

73

DOMPU—Rumah Ketua Panitia Pelaksana Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Hu’u Kecamatan Hu’u Idham, Kamis malam sekitar pukul 01.00 wita dibakar oleh orang tidak dikenal. Diduga pembakaran tersebut merupakan buntut dari sangketa pilakdes Hu’u yang belum terlesaikan. Untungnya dalam peristiwa tersebut, tidak menimbulkan korban jiwa.

Kebakaranpun tidak meluas sampai keseluruh rumah korban, hanya dibagian dapur saja. Meski demikian, korban mengalami kerugian material, berupa sejumlah pakaian, peralatan dapur dan perlengkapan tukang kayu yang belum bisa ditaksirkan nilai kerugiannya. Idham pada Radar Tambora di gedung DPRD, kemarin mengatakan, saat kejadian ia sedang tidak berada dirumah.

Saat itu, hanya ada istri, anak dan keponakannya. Aksi pembakaran yang dilakukan tengah malam itu, terjadi disaat seluruh penghuni rumah dalam kondisi tidur lelap. ‘’Untung saja, anak dan istri saya cepat keluar rumah untuk meminta pertolongan,” ungkapnya.

Kobaran api kata Idham, hanya membakar rumah bagian dapur saja. Hal itu, berkat kesigapan warga sekitar dalam memadamkan kobaran api, sehingga api tidak sampai meluas keseluruh bagian rumah. ‘’Yang terbakar hanya dibagian dapur saja,” katanya. Idham mengaku, belum tahu siapa oknum pelaku pembakaran tersebut.

Namun, ia menduga aksi pembakaran ada kaitannya dengan persoalan pilkades Hu’u yang hingga kini masih menjadi polemik. ‘’Saya menduga kejadian ini ada kaitannya dengan sangketa pilakdes,” duganya. Terhadap persoalan tersebut, Idham mengaku, telah melaporkan secara hukum pada Polsek Hu’u. Dia berharap, aparat dapat mengungkap siapa pelaku pembakaran, sehingga dapat ditindak sesuai dengan aturan dan mekanisme yang berlaku. ‘’Kami berharap polisi dapat menangkap pelaku pembakaran,” harapnya.

Camat Hu’u, M Yasin, S.Sos membenarkan adanya kejadian tersebut. Bahkan, ia bersama Kapolres Dompu, AKBP Beny Basir Warmansyah dan Kapolsek Hu’u, Iptu Remi Beladona, SH turun langsung ke lokasi untuk memastikan pembakaran rumah Ketua Panitia Pilkades. ‘’Memang benar rumah ketua panita pilakdes dibakar orang tidak dikenal,” ujar camat.

Yasin juga mensinyalir, kasus pembakaran dipicu oleh persoalan sangketa pilakdes. Sejauh ini, persoalan pilakdes kata camat, masih dalam proses penanganan tim arbitrase pemerintah daerah. ‘’Saya berharap pada masyarakat untuk tetap menjaga konduktifitas dan menghargai proses yang sedang berjalan,” harapnya.

Sementara itu, Kapolsek Hu’u, Iptu Remi Beladona, SH yang dihubungi, mengatakan, pihaknya telah menerima laporan terkait aksi pembakaran. Laporan tersebut sedang ditindaklanjuti sesuai dengan ketentuan yang berlaku. ‘’Kasus ini, sedang kami selidiki dengan mengumpulkan bukti-bukti dan melakukan olah TKP,” ujarnya.

Komentar