oleh

Kurang Makan, Ternak Doroncanga Kurus

DOMPU-Ternak lepasan dikawasan Doroncanga Lereng Gunung Tambora Kecamatan Pekat Dompu NTB, kini mengalami kekurangan makanan. Hal itu karena sedang musim kering dimana rumput yang biasa tersedia dikawasan itu sedang mengering.

Pantauan Minggu 17 September dikawasan itu, ribuan sapi bertebaran dikawasan itu, mereka menyusuri lereng dan savana Doroncanga. Secara umum kondisi ternak kurus yang ditandai badanya mengempis. Berbeda dengan musim hujan kondisi ternak disana gemuk dan berisi.

Sejumlah peternak dikawasan Doroncanga mengakui kalau pada kondisi kemarau seperti ini ternak mengalami kesulitan bahan makanan. Akibatnya kondisi ternak menjadi kurus, tetapi setelah musim hujan tiba maka kondisinya akan kembali normal.

”Mudah-mudahan kemarau segera berlalu, sebab kalau masih berlangsung ternak terancam diserang berbagai penyakit,” ujar Abdullah salah seorang peternak yang ditemui dikawasan Doroncangam.

Komentar

Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Bijaklah dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA. Salam hangat. [Redaksi]