Jadi Pembicara Nasional, Bupati Dompu Dapat Bonus 1.000 Ton Pupuk Subsidi

205
ILUSTRASI

DOMPU-Luar biasa, sukses menjadi pembicara rembug jagung nasional di Jakarta beberapa waktu lalu, Bupati Dompu Drs H Bambang M Yasin diserahkan bonus sebanyak 1.000 ton pupuk bersubsidi dari Dirjen Pertanian.

Bonus itu juga langsung dianggap sebagai honor sang Bupati sehingga Bupati tidak lagi menerima honor dalam bentuk uang, kalau dalam bentuk uang bisa mencapai angka Rp 2 Miliyar lebih. Pupuk bersubsidi itu diperuntukan bagi petani yang membutuhkan. Dalam forum rembug jagung nasional itu Bupati menyampaikan tentang fakta keberhasilan petani jagung serta berbagai proses yang dihadapi dalam pengembangan komoditas jagung.

Salah satu masalah yang sangat serius dihadapi petani menurut Bupati adalah ketergantungan petani terhadap pupuk. Sementara disisi yang lain quota pupuk bersubsidi sangatlah terbatas. ”Ini yang selalu menjadi problem kita tiap tahunya,” ujar Bupati.

Data yang diperoleh pada Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Dompu, tahun 2017 ini mendapat jatah pupuk subsidi 12.000 ton. Jumlah itu menurut Kadis Distanbun, Ir H Farruzzi masih sangat jauh dari kebutuhan para petani.

Karena itu adanya tambahan qouta pupuk subsidi dari bonus Bupati Dompu sangat membantu petani didaerah ini. Ditambahkan pula ketergantungan petani terhadap pupuk subsidi masih sangat tinggi. Padahal meski pupuk non subsidi harga mahal, tetapi kwalitasnya bisa dua kali lipat dari pupuk non subsidi. (DB01)

 

 

Komentar