Bucek Samakan HBY Dengan Gajah Mada

238

DOMPU-Ketua DPRD Dompu Yuliadin Bucek mensejajarkan Bupati Dompu HBY (H Bambang M Yasin) dengan Mahapati Gajah Mada. Persamaan itu karena keduanya mampu menjadi tokoh terkenal se Nusantara.

Pernyataan itu disampaikan Bucek saat memberikan testimoni pada HUT Brimob yang ke 72 di Markas Brimob Subden A Detasemen 3 Dompu Selasa, 14 Nopember 2017. Mahapati Gajah Mada dari kerajaan Majapahit.

Dalam komentarnya, Bucek memaparkan kedua tokoh ini sama-sama besar, baik postur badan maupun cita-citanya. ”Yang membedakan keduanya adalah otot. Gajah Mada berotot besi, sedangkan H Bambang tanpa otot,” seloroh Bucek dihadapan Bupati, Forum Pimpinan Daerah serta tokoh masyarakat, tokoh agama yang hadir dalam acara itu.

Gajah Mada tersohor lewat sumpah palapanya yang bertekad menguasai seluruh kerajaan di Nusantara bahkan Kerajaan Dompo (Dompu) disebut dalam sumpah itu. Sedangkan H Bambang tersohor lewat program jagungnya.

Sebelumnya, Bupati Dompu H Bambang M Yasin, sempat menyinggung soal buku yang ditulis Yuliadin Bucek terkait dengan sejarah Dompu yang dimulaii diabad ke 6 dengan Gajah Mada yang menguasai Kerajaan Dompu.

Judul buku yang ingin diperbanyak itu menurut H Bambang berbau profokatif dan berpotensi memunculkan konflik antar kerajaan didua daerah yang bertetangga. ”Makanya saya belum tanda tangan disposisinya, karena judulnya saja profokatif,” urai H Bambang.

Tidak ingin ada ketersinggungan, Bupati akan mempending buku itu hingga masa jabatan selesai. ”Bupati yang akan datang bisa saja menandatangi buku ini untuk diterbitkan, tapi sekarang bersabarlah,” ujar Bupati. (DB01)

 

Komentar