Cegah Luapan Banjir Tim BPBD Turun Bersihkan Sungai

50

DOMPU–Mencegah terjadinya luapan air banjir. Sejumlah personil tim reaksi cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Dompu, Senin (06/11) pagi tadi menggelar aksi pembersihan sungai.

Sejumlah personil BPBD terlihat begitu cekatan ketika menuruni badan sungai yang menjadi lokasi atau titik pembersihan. Seperti di sungai yang berada tepat di bawah kolong jembatan Karijawa. Sungai ini tampak sudah menumpuk sejumlah sampah berupa sampah plastik, dahan dan ranting pohon.

Sampah-sampah itu ditengarai menjadi salah satu penyebab meluapnya air bah ke pemukiman warga saat banjir datang. Menghindari terjadinya luapan air banjir tersebut, pihak BPBD merasa perlu dilakukan pembersihan wilayah sepadan sungai dan badan sungai. “Sampahnya harus dibersihkan biar tidak menghambat arus banjir,” tutur Syafruddin salah seorang petugas TRC, BPBD Dompu saat ditemui dilokasi.

Pihak BPBD berharap agar komponen masyarakat terutama yang bermukim di kawasan pinggir sungai untuk bisa ikut berperan aktif dalam menjaga kebersihan sungai. ” Minimal tidak membuang sampah ke sungai,” ujar beberapa orang petugas lainnya. (DB02)

Komentar