HBY Resmikan Pusat Oleh-Oleh Khas Dompu

159

DOMPU–Bupati Dompu Drs H Bambang M Yasin, Senin pagi (13/11) tadi secara resmi melaunching rumah kerajinan dan pusat oleh-oleh khas Dompu.
Rumah kerajinan dan centra oleh-oleh dengan nama IKM Mart Dompu tersebut berlokasi cukup strategis yakni berada di ruas jalan Bima-Dompu, Dusun Saka, Desa Mangge Asi, Kecamatan Dompu.

 

Difasilitasi pihak Dinas Perindustrian Perdagangan dan Pertambangan Dompu, IKM Mart Dompu akan dikelola secara profesional oleh Dekranasda di bawah komando Hj Eri Aryani.
Selain dihadiri bupati dan jajaran Pemkab Dompu. Kegiatan itu juga dihari pihak Muspida, ibu-ibu PKK, Dharmawanita, Persit dan Bhayangkari. Karena ini berhubungan dengan promosi wisata daerah, sejumlah pengusaha jasa Travel dan Hotel tampak hadir.

 

Demikian pula sejumlah pengrajin dan komponen masyarakat umum lainnya. “Wadah ini sebagai tempat promosi dan pusat pemasaran hasil produk industri kecil menengah. Jadi Dompu sekarang punya pusat oleh-oleh,” tutur Muhammad ST, Kadis Perindagtamben Dompu dalam laporannya.
Dua bangunan yang ada dilokasi tersebut menurut Muhammad adalah hasil pembangunan yang bersumber dari dana DAK tahun 1016 silam. Bangunan itu yakni rumah produksi atau pusat kegiatan tenun dan satunya lagi sebagai tempat penjualan atau promosi hasil produksi. “Kita bisa menjual produk non pangan (Tenun) dan pangan disini,” ungkapnya, sembari menyampaikan keberadan IKM Mart Dompu juga bisa diakses secara online.

 
Ketua Dekranasda Dompu, Hj Eri Aryani dalam pidato singkatnya menyampaikan ucapan terima kasih atas bantuan dan kerjasama pemerintah sehingga niat dan upaya pihaknya dalam meningkatkan ekonomi dan kreatifitas usaha kecil menengah bisa terwujud. “Adanya centra oleh-oleh minimal bisa membantu masyarakat terutama para pengrajin dan pihak UKM,” tuturnya.
Dekranasda berharap adanya kerjasama semua pihak. Terutama masyarakat Desa Mangge Asi yang menjadi lokasi berdirinya centra oleh-oleh IKM Mart Dompu itu agar bisa menjaga Kantibmas. “Kalau ribut melulu nanti masyarakat yang rugi bukan pemerintahnya. Pemilik hotel dan travel bisa ikut promosikan dan kami akan promosi juga usahanya,” kata umi Ery sapaan akrab istri Bupati Dompu itu.

 
Hadirnya IKM Mart Dompu ini menurut bupati menjadi prospek yang baik bagi perkembangan usaha kecil menengah (UKM) terutama pada bidang industri kerajaninan tenun khas Dompu. Selain bernilai ekonomi, tentu diharapkan akan mampu mendongkrak popularitas keberadaan kain tenunan khas Bumi Nggahi Rawi Pahu dan juga produk lokal lainnya. “Pengusaha lokal kita harus mampu menampilkan model usaha yang moderen seperti Alfa Mart dan Indomart,” kata Drs H Bambang M Yasin.

 
Secara khusus bupati meminta kepada pihak Perindahtamben agar ditempat itu dibuatkan pula bangunan yang bisa dijadikan rumah makan atau restoran yang menyajikan penganan dan makanan khas Dompu. “Nanti pengunjung dan tamu daerah bisa diarahkan langsung menikmati sajian makanan khas daerah kita,” tutur HBY yang disambut aplaus tamu undangan. (DB02)

Komentar