BPTP NTB dan Distambun Dompu Panen Padi Bersama

99

 

 

DOMPU–Upaya peningkatan swasembada pangan terus dilakukan pemerintah. Pihak Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Provinsi NTB juga tidak tinggal diam dan intens melakukan kegiatan penunjang swasembada pangan.

 

Bekerjasama dengan Dinas Pertanian dan Perkebunan (Distambun) Dompu, pihak BPTP NTB melakukan kegiatan panen padi bersama di wilayah So Jero, Desa Kareke, Kecamatan Dompu.

 

Selain BPTP NTB dan Distambun Dompu. Aksi panen padi bersama itu juga melibatkan para kelompok tani sekabupaten Dompu, pihak TNI Polri dan komponen masyarakat lainnya.

 

Kegiatan dimaksud bertujuan sebagai upaya dalam rangka mewujudkan swasembada padi. Apalagi mengingat Provinsi NTB sebagai salah satu lumbung pangan nasional. “Setidaknya kita bisa melakukan panen padi setiap hari,” kata Dr H M Soleh Muhtar, Kepala BPTP NTB dilokasi kegiatan.

 

Padi yang dipanen itu berada pada hamparan seluas 30 hektar (Ha). Proses pertanaman padi Impari 32 ini menggunakan systim jajar legowo super. “Petani bisa mengabdopsi dari teknologi pertanian dan salah satunya systim jarwo,” ujar Ir Fachrurrazi, Kadistanbun Dompu yang juga didampingi Kabid Produksi Tanaman Pangan (PTP), Syahrul Ramadhan, SP. (DB02).

Komentar