60 Peternak Dompu Ikuti Pelatihan Tematik Peternakan

140

 

DOMPU-60 peternak Kabupaten Dompu yang berasal dari beberapa kelompok tani/ternak mengikuti pelatihan tematik peternakan. Pesertanya berasal dari dua kecamatan yakni Kecamatan Pajo dan Kecamatan Hu’u Dompu NTB.

Kegiatan itu diselenggarakan oleh  Balai Besar Pelatihan Peternakan (BBPP) Kupang yang berlangsung lima hari 17 hingga 21 Maret 2018.

Pelatihan dibuka oleh Kepala Dinas Peternakan Kab. Dompu Gaziamansyuri, MAP di dampingi perwakilan dari BBPP Kupang Drs. Petrus Nenu dan Widyaiswara Muda Eni Mulyanti, M.Si.

Dalam sambutannya Kepala Dinas Peternakan Dompu Drs H Gaziamansyuri,M.AP mengatakan pelatihan ini sangat dibutuhkan oleh para peternak dan harus dimanfaatkan semaksimal mungkin sebagai ajang pembelajaran, sharing informasi dan sarana silaturahmi bagi para peternak yang ada di Kabupaten Dompu ini khususnya yang ada di dua kecamatan Pajo dan  Hu’u.

Kegiatan itu disebutkan bertujuan untuk meningkatkan skill/kemampuan peternak agar peternak lebih sejahtera dengan menemukan cara-cara baru yang inovatif demi kemajuan usaha maupun kesejahteraan peternak itu sendiri.

Kegiatan itu sendiri dibagi dalam dua angkatan dan dilaksanakan di dua tempat berbeda yaitu Angkatan X di BPP Kecamatan Pajo dan Angkatan XI di BPP Rasabou, pelatihan difokuskan terutama dalam hal teknis pembibitan ternak potong, teknis formulasi pakan ternak dan teknik pemeliharaan ternak.

Kegiatan pelatihan yang berlangsung lima hari itu menghadirkan fasilitator/pelatih antara lain Sjamsul Bahri, SPt, Asmah, SPt, Rumedi, Spt dan Dwi Riyanto, SPt yang telah di training sebelumnya di BBPP Kupang pada bulan Februari 2018.

Pelatihan Teknis Tematik peternakan ini merupakan metode pelatihan dengan materi yang disesuaikan dengan potensi, permasalahan dan kebutuhan di daerah peternak sehingga diharapkan setelah pelatihan peternak mampu memecahkan masalah yang terkait dengan peternakan pada umumnya dan khususnya mendukung program Siwab. Pelatihan ini tidak sekedar memperoleh materi/teori tetapi juga melakukan praktek atas materi/teori yang di dapatkan. (DB/ami)

Komentar