FPT, Ratusan Sepeda Unik Warnai Peringatan HUT Dompu

180

Kerjasama Antara Dompubicara.com dengan Disbudpar Dompu

DOMPU–Ratusan sepeda hias Minggu (08/04) pagi tadi tampak ramai menghiasa ruas jalan Kota Dompu. Pemandangan itu merupakan bagian dari pelaksanaan kegiatan parade dan lomba sepeda hias.

Kegiatan tersebut merupakan hasil kerjasama antara komunitas dan alumni SMU angkatan tahun 2000 (GONG 2000, Red) dengan pihak Pemkab Dompu, dalam hal ini bagian Tata Pemerintahan (Tata Pem) yang juga selaku panitia HUT Dompu.

Bertempat di lapangan Beringin Dompu. Ratusan sepeda hias dilepas secara resmi oleh Asissten I Setda Dompu, Drs H Sudirman Hamid. Hadir pula Kasdim Dompu, Kadis Budpar Dompu Khaerul Insan MM, kepala Bapenda, Ir Armansyah dan sejumlah pejabat lainnya.

Sesuai dengan tema kegiatan yakni kesenian dan budaya Dompu. Masing-masing peserta tentu saja menghiasi sepedanya dengan properti yang berbau seni dan budaya tanah Dompu.

Bermodal kertas minyak, bahan spanduk, karton dan properti ringan hingga komoditas hasil pertanian menempel indah pada masing-masing sepeda peserta. Aneka rupa sepeda hias itu tampak cukup unik dan menarik perhatian.

Yang tak kalah menyita perhatian yakni dandanan dan aksi lincah para peserta. Terutama anak-anak, karena kegiatan itu didominasi oleh peserta dari kalangan anak-anak usia SMP, SD dan TK. Dan yang tak menghibur adalah kehebohan para orang tua yang selalu tampak aktif mengawasi anak-anaknya mengikuti sepanjang rute yang dilalui. “Di luar dugaan, warga Dompu cukup antusias berpatisipasi dalam kegiatan ini,” ungkap ketua GONG 2000, Hendra Cipta, ST ditemui disela kesibukannya dilokasi kegiatan, Minggu pagi tadi.

Dari data panitia, tercatat ada sekitar 500 peserta yang ikut memeriahkan parade dan lomba sepeda hias yang digelar pihaknya tahun ini. “Secara tidak langsung kita ingin kenalkan kesenian dan budaya Dompu kepada peserta. Kelestarian budaya adalah tanggung jawab kita semua,” katanya.

Sejumlah hadiah menarik berupa sepeda, tropy dan uang tunai telah disediakan secara khusus oleh panitia. Pantauan media ini, kegiatan itu sejak awal hingga akhir pelaksanaan tampak berjalan dengan tertib, lancar dan sukses.

Ritual khas GONG 2000 dengan menggelar aksi sapu bersih sampah dilokasi kegiatan menjadi penutup cerita digelarnya parade dan lomba sepeda hias pada momen perayaan hari jadi Dompu yang ke 203 tahun ini. (DB02)

Komentar