Pembebasan Lahan Pelabuhan Terkatung-Katung, Kemenhub Bereaksi

214

DOMPU–Terkatung-katungnya proses penuntasan pembebasan lahan untuk pembangunan pelabuhan nusantara di Kecamatan Kilo, menuai reaksi pemerintah pusat.

Pihak Kementrian Perhubungan (Kemenhub) RI, saat ini meminta kepada Pemkab Dompu untuk segera menerbitkan surat hibah terkait penyerahan lahan tersebut ke pemerintah pusat.

Selanjutnya dengan adanya surat penyerahan hibah maka pemerintah pusat akan menerbitkan surat keputusan (SK) penetapan lokasi pelabuhan dimaksud. “Masih menunggu penuntasan pembebasan lahan,” kata Ir Syarifuddin, Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Dompu saat ditemui media ini.

Menurut dia, realisasi tahapan pembangunan fisik terhadap pelabuhan itu idealnya akan mulai dilaksanakan pada 2018 ini. Namun karena masih terkendala urusan pembebasan lahan, sehingga proses itu molor dari jadwal yang direncanakan. “Sekarang kuncinya di pemerintahan saja,”  ujar Kadishub.

Dari alokasi anggaran yang disediakan pemerintah, sampai saat ini telah dilakukan pembebasan sekitar 30 an hektar. “Kami terus di desak pihak pusat. Harusnya tahun ini sudah mulai berjalan pembangunannya,” kata Syarifuddin. (DB02)

Komentar