Pariwisata, Moyo dan Tambora Jadi Target Poros Perekonomian Pulau Sumbawa

130

DOMPU–Pengembangan sektor pariwisata sedang gencar dilakukan oleh pemerintah NTB, khususnya pulau Sumbawa. Pasalnya potensi pariwisata berkelas internasional ada di pulau Sumbawa.

Sail Moyo Tambora yang akan dilaksanakan Tahun ini dan di ikuti oleh beberapa Negara diharap mampu membantu mempromosikan daerah wisata Moyo dan Tambora, baik dalam skala nasional maupun internasional.

Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia, Deny Rahadi optimis dengan potensi pariwisata yang dimiliki oleh pulau Moyo dan gunung Tambora mampu bersaing dengan gunung Rinjani dan pulau Komodo.

Menurut Deny, Jumlah kunjungan yang setiap tahun mengalami peningkatan adalah tren positif bagi pariwisata khususnya Tambora.

Pada liburan pasca lebaran Idul Fitri kemarin, jumlah pengunjung di kaki gunung Tambora tepatnya di air terjun Kawinda To’i mencapai lebih dari 500 orang dalam dua hari.

Mayoritas pengunjung dari Bima dan Dompu, bahkan ada yang membawa tenda dan bermalam di tempat itu. “sungguh euforia yang tinggi, diluar dugaan saya,” ungkap Deny.

Namun yang menjadi tantangan besar adalah akses jalan dan listrik menjadi hambatan dalam pengembangan pariwisata. Akses jalan yang menuju Kawinda To’I yang tidak beraspal menjadi kendala bagi konsumen berpikir dua kali untuk mengunjungi kawinda To’i.

“Pariwisata tidak akan pernah maju apabila tidak dibarengi dengan dukungan pemerintah,” pungkas Deny. (DB03)

Komentar