Hari Anak Nasional Diperingati di Dompu

30

DOMPU-Hari Anak Nasional yang diperingati setiap 23 Juli baru di meriahkan pada hari ini Rabu 08 Agustus 2018 di Kabupaten Dompu. Walaupun telat, Daerah Kabupaten Dompu tetap mengambil bagian dalam memeriahkan kegiatan memperingati hari anak Nasional yang digelar di Gedung Samakai Kabupaten Dompu guna memberikan ruang bagi anak untuk berekspresi.

Gelaran acara yang dipimpin langsung oleh Wakil Bupati Dompu Arifuddin SH, dan ditemani oleh Kadis DP3AP2KB, DPRD Kabupaten Dompu, Polres Dompu dan TNI Dompu, dan dihadiri oleh sekitar 700 anak dari jenjang TK, SD, SMP, dan SMA.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak (DP3A) Kabupaten Dompu Hj. Daryati Kustilawati, SE, M.Si dalam pidatonya mengungkapkan makna dari hari anak nasional 2018 yaitu sebagai kepedulian bangsa Indonesia terhadap pemenuhan hak dan perlindungan anak Indonesia agar anak dapat tumbuh dengan optimal, dengan mendorong keluarga Indonesia menjadi lembaga utama dalam pengasuhan yang berkualitas.

Wakil Bupati Dompu Arifuddin SH mengungkapkan harapannya kepada anak Indonesia khususnya yang ada di Kabupaten Dompu, berharap kelak anak-anak di Kabupaten Dompu dapat tumbuh menjadi pribadi yang beriman, berakhlak cerdas dan ceria serta memiliki masa depan yang cerah. ”ditangan anak-anak inilah masa depan bangsa yang menjadi pewaris dan penentu maju atau mundurnya suatu bangsa”. Ungkap Arifuddin.

Arifudin juga mengungkapkan langkah pendekatan yang di lakukan pemerintah yaitu. Pertama, mengembangkan Kota dan Kabupaten yang layak anak di seluruh tanah air. Kedua, memperluas akses pendidikan anak, salah satunya dengan memberikan bantuan sekolah, memperbaiki status kesehatan anak,memberikan program dan fasilitas yang dapat meningkatkan kecerdasan anak.

Mengingat tahun 2015 silam angka kekerasan terhadap anak di Kabupaten Dompu adalah yang tertinggi se NTB, Arifuddin menghimbau Bahwa setiap anak berhak akan keberlangsungan hidup, tumbuh dan berkembang atau berhak terhindar dari kekerasan dan diskriminasi. (DB03)

Komentar