Vaksin Rubella (MR), Apakah Aman? Ini Penjelasanya

116

DOMPU – Imunisasi Measles dan rubella (MR) yang menjadi program nasional telah di laksanakan di Kabupaten Dompu dan hingga saat ini masih berjalan. Kabar yang berhembus di masyarakat terkait apakah vaksin tersebut halal atau haram? Dan aman atau tidak menjadi pembahasan hangat di kalangan masyarakat Dompu.

Pasalnya vaksin tersebut baru pertama kali idi laksanakan di NTB yang diberikan pada anak umur 9-15 tahun, dan belum berlebel Halal. Kabar terakhir terkait imunisasi rubella (MR), puluhan siswa di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) dirawat setelah melakukan vaksin rubella. Hal tersebutlah yang menjadi pertimbangan sekolah maupun orang tua untuk menolak agar anaknya tidak diberikan Vaksin rubella.

Menanggapi hal tersebut Kabit Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Maman SKM yang ditemui wartawan Selasa pagi tadi (07/08) mengungkapkan, akibat dari puluhan siswa dirawat setelah melakukan suntik imunisasi bukanlah karena vaskin rubella, namun karena kecendrungan siswa-siswa tersebut takut dengan suntikan ditambah lagi siswa yang di suntik tidak sarapan saat dilakukan suntikan dan akhirnya dropp.

Hingga saat ini pihaknya tetap melakukan imunisasi Vaksin Rubella tersebut walaupun masih ada beberapa sekolah yang menolak untuk di vaksin,

Menurutnya sekolah sekolah tersebut tidak mengikuti saat sosialisasi Vaksin Rubella (MR), oleh karena itu pihaknya sedang melakukan pendekatan terhadap sekolah-sekolah yang awalnya monolak untuk diberikan vaksin. “Kami sedang melakukan pendekatan dengan sekolah-sekolah yang menolak untuk di vaksin” ungkap Maman.

Terkait halal atau tidaknya vaskin rubella tersebut maman mengungkapkan pihak Kementrian Kesehatan sedang mengusahakan agar sertifikat halal segera di terbitkan oleh  MUI, karena pihak MUI yang berhak untuk mengeluarkan keterangan halal dan tidaknya vaskin rubella tersebut.

Data yang diberikan pihak Dikes Kabupaten Dompu untuk Imunisasi, yaitu jumlah vaksin 10.022, jumlah sasaran 80.178 anak, sekolah 510, posyandu 415 pos plyanan lainnya 27. Total pos vaksinasi 952, jumlah viral vaksin 922 pelarut 922, jumlh alat suntik 80.178, sefti box 920, vaksin karier 15.

Pihak Dikes Kabupaten Dompu menghimbau kepada masyarakat Dompu agar menyiapkan anak-anaknya untuk diberikan vaksin rubella karena pemberian vaksin terhadap anak sangat penting, agar anak kelak terhindar dan tidak menularkan penyakit campak.(DB03)

Komentar