BBM Naik, Itu Hoax

53
Ilustrasi

DOMPU-Isu BBM naik melalui khabar berantai terutama didunia maya ternyata hoax. Pemerintah tak pernah menaikan harga BBM bahkan tidak dalam waktu dekat.

Khabar naiknya harga BBM memang gencar beberapa hari terakhir terkait dengan melonjaknya harga dollar AS. Kementrian Sekretariat Negara telah membantah bahwa khabar tersebut tidak benar.

“Pemerintah tidak merencanakan kenaikan harga BBM dalam waktu dekat,” tegas Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan dalam press conference di Kamtor Kementerian ESDM, Jakarta, Selasa (4/9/2018) lalu.

Tak hanya itu, pihaknya juga menjelaskan bahwa hingga semester pertama 2018, penerimaan Negara lebih baik dari periode 2017 sehingga hingga kini belum ada rencana mengarah ke menaikkan harga BBM.

Bahkan, penerimaan negara di subsektor migas jauh lebih baik dan lebih besar dibandingkan semester pertama di tahun lalu.

“Bahkan setelah dikurangi tambahan subsidi solar tahun ini, angkanya masih positif,” tambah Jonan.

Sementara itu, Kepala Biro Komunikasi Layanan Informasi Publik dan Kerja Sama Kementerian ESDM, Agung Pribadi menuturkan bahwa angka BBM di semester ini mampu menutup beban tambahan subsidi hingga akhir 2018 mendatang.

Dengan demikian, pihaknya optimis bahwa neraca migas yang bersinyal positif ini tidak akan naik hanya karena imbas melonjaknya nilai tukar dolar AS.

“Melihat ini semua, apakah perlu BBM naik? Saya pikir tidak,” tambahnya.

Isu ini juga ternyata ditanggapi pihak Pertamina.

Melansir dari web resmi Pertamina pada (5/9/2018), PT Pertamina menegaskan bahwa harga BBM di SPBU Pertamina tidak mengalami penyesuaian.

“Harga BBM Pertamina masih tetap dan belum ada rencana penyesuaian harga,” tegas Vice President Corporate Communication, pertamina, Aditama Sardjito. (DB01)

Artikel ini telah tayang di bangkapos.com dengan judul Beredar Isu Harga BBM Bakal Mengalami Kenaikan, Begini Penjelasan Pertamina dan Daftar Harga BBM, http://bangka.tribunnews.com/2018/09/07/beredar-isu-harga-bbm-bakal-mengalami-kenaikan-begini-penjelasan-pertamina-dan-daftar-harga-bbm?page=2.

 

Komentar