oleh

Lagi DPRD Akan Panggil Bupati Dompu

  DOMPU—DPRD Dompu akan kembali melakukan pemanggilan terhadap Bupati Dompu Drs H Bambang M Yasin terkait nasib tenaga honorer Dompu yang sampai saat ini belum ada kejelasan. Sejauh ini Bupati Dompu belum bisa dihadirkan di DPRD untuk didengar keteranganya karena berbagai alasan.

Menurut Wakil Ketua DPRD Dompu Iwan Kurniawan SE kehadiran Bupati kali ini sangat diperlukan, selain untuk dapat memberikan penjelasan terkait dengan nasib tenaga honorer sekaligus untuk menunjukan kemitraan antar dua lembaga didaerah. Karenanya agar bisa mewujudkan itu, agenda dialognya akan disesuaikan dengan kesediaan waktu Bupati untuk hadir.

Rencananya agar persoalan segera clear rabu besok dilakukan dialog tetapi karena Bupati sedang keluar daerah sampai sabtu mendatang, maka dialog ditunda dulu sampai Bupati benar-benar bisa bersedia hadir. ‘’Karena keinginan beliau bisa hadir memenuhi undangan, maka kita sesuaikan dengan waktu beliau,’’ ungkap Iwan.

Koalisi rakyat bersatu (Kobra) sedianya melakukan dialog terkait dengan nasib tenaga honorer, tetapi mereka menolak melanjutkan karena Bupati dan pejabat terkait lainya tak satupun hadir. Aktifis Kobra Bondan dan Ikwahyuddin bersikukuh agar Bupati bisa hadir bersama dengan pejabat terkait sehingga ada kesimpulan yang bisa diambil.

Sejumlah anggota DPRD seperti Kurnia Ramadhan, Ahmad MK dan Sirajuddin setuju agar dialog bisa menghadirkan Bupati dan para pejabatnya. Malah menurut Kurnia Ramadhan sejauh ini DPRD telah melakukan rapat sebanyak 12 kali terkait dengan nasib tenaga honorer baik internal DPRD maupun dengan eksekutif, tetapi hasilnya tak pernah ada. Kendalanya karena eksekutif tidak cerdas dan serius menangani hal itu, akibatnya persoalan menjadi berlarut-larut tanpa penyelesaian yang berarti.

Untuk tidak berlarut-larutnya maka Bupati harus dapat hadir untuk mendengarkan persoalan yang sebenarnya. Ahmad MK dan Sirajuddin SH juga menyatakan demikian, kalaupun tetap ngotot untuk tidak hadir maka pilihan terakhirnya maka DPRD harus menggunakan hak-hak yang dimiliki DPRD untuk seorang pejabat hadir memenuhi undangan. Wakil Ketua DPRD Dompu Iwan Kurniawan SE menyatakan bahwa Bupati saat ini tengah brada diluar daerah untuk urusan dinas. Namun demikian DPRD akan berusaha untuk mengundang Bupati baik secara formal maupun dengan kontak person. ‘’Kita harapkan beliau bisa hadir,’’ pintanya. (01-db)

Komentar

Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Bijaklah dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA. Salam hangat. [Redaksi]