oleh

10 Warga Terserang HIV, Diantaranya Berumur 14 Tahun

 DOMPU—DPRD Dompu kemarin sempat terbelalak, terungkap data tahun 2012 sebanyak 10 orang terserang penyakit HIV. Diantara penderitanya sebahagian besar telah meninggal dunia akibat virus mematikan itu, lebih terbelalak lagi diantaranya ada yang baru berumur 14 tahun.

Terungkapnya data itu saat dilakukan evaluasi terhadap kinerja RSUD Dompu triwulan II diruang komisi II DPRD. Hearing yang dipimpin oleh ketua komisi III Jauhar Arifin HM Saleh Amin menghadirkan kepala RSUD H Ahmad Faisal didampingi sekretaris Drs Arifuddin dan Kepala pelayanan RSUD dr H Dias Indarko.

Selain melakukan evaluasi kinerja selama dua triwulan, anggota komisi III juga mempertanyakan tentang ancaman kesehatan yang serius salah satunya adalah AIDS (HIV). Dias Indarko yang diberi kesempatan oleh pimpinanya langsung menjelaskan bahwa data tahun 2012 ini terdapat 10 orang yang terserang penyakit HIV. ‘’Tetapi sudah ada yang meninggal dan sebahagianya masih dalam perawatan,’’ terang Dias.

Sebagai  yang menangani itu Dias menyayangkan sikap masyarakat yang tidak memanfaatkan bidangnya untuk mencari informasi terkait dengan ancaman maupun apa saja yang bisa memunculkan penyakit itu. ‘’Karena kebanyakan yang datang ke saya mengeluhkan tentang penyakit-penyakit yang umum,’’ paparnya.

Bahkan lanjut Dias diketahuinya ada penyakit yang tertular kepada anak dibawah umur karena dipaksa untuk diperiksa. Diceritakanya semula gadis yang baru beranjak dewasa itu mengeluh sakit kelamin tetapi dari ciri-cirinya dicurigai ada penyakit HIV yang tertular. Kemudian dilakukan pendekatan agar bercerita, tetapi tetap menolak, baru bisa lunak setelah diancam tidak akan bisa diobati kalau tidak berterus terang.

Ternyata dari ungkapanya sakitnya kelamin karena terjadi hubungan yang terlarang dengan sang pacar dan hingga saat ini dilakukan penanganan yang intensif. Tertular penyakit HIV kata dia sangat berbahaya, bahkan ada suami istri tetapi itu sudah meninggal karena digerogoti oleh penyakitnya.

Karenanya lanjut Dias tertularnya penyakit itu ancaman terbesarnya datang dari hubungan bebas, selain karena hal-hal yang lain. Mengantisipasi itu agar dapat menghindari hubungan bebas yang dapat berakibat buruk bagi agama dan kesehatan. Atas data tersebut ketua komisi III Jauhar Arifin minta agar Dinas Kesehatan dan RSUD intens melakukan sosialisasi agar masyarakat terhindar dari ancaman penyakit yang mengerikan itu.

Dalam Tanya jawab terkait dengan tersebut terlontar pertanyaan apakah berciuman juga bisa memicu munculnya penyakit HIV. Lebih nyeleneh lagi dipertanyakan oleh anggota komisi III Drs Syafar, apakah hubungan suami istri bisa mendatangkan penyakit HIV. Dr Dias menjawab dengan lugas bahwa itu bisa saja terjadi manakala salah satunya terjangkit penyakit seperti itu.

Komentar

Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Bijaklah dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA. Salam hangat. [Redaksi]