oleh

Gunung Api Sangiang Bima Meletus

Gunung api Sangiang yang terletak di Kabupaten Bima NTB meletus pada jum’at siang (30/5/2014) sekitar pukul 15.55 wita. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu, walau demikian membuat panik selurh warga Desa Sangiang Kecamatan Wera yang berdekatan dengan gunung yang berada ditengah lautan itu.

Seluruh pejabat teras Pemkab Bima langsung meluncur ke desa-desa sekitar gunung meletus untuk memastikan kondisi warganya. Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Abdul Wahab SH yang telah berada dilokasi mengakui masyarakat berada dalam kondisi aman.

Pasalnya lahar panas yang disemburkan dari perut gunung itu tidak mengarah keperkampungan sekitar, melainkan langsung meluncur kelaut. Begitu juga abu vulkanik yang membubung tinggi tidak mengarah keselatan atau menuju perkampungan melainkan ditiup angin menuju utara lautan lepas. ”Masyarakat dalam kondisi aman,” kata Abdul Wahab.

Abu Vulkanik yang membentuk awan dan membubung tinggi kelangit tidak hanya bisa disaksikan oleh warga di Kabupaten Bima, kota Bima, warga di Kabupaten Dompu pun dapat melihat jelas semburanya. Karena itu peristiwa alam tersebut menjadi tontotan menarik dari warga di Kabupaten itu.

Kebanyakan warga mengabadikan peristiwa itu dengan kamera masing-masing. Sekedar diketaui gunung api Sanging pernah meletus tahun 1986 dan tahun 1997. Dan terakhir gunung tersebut dinyatakan siaga.

Komentar

Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Bijaklah dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA. Salam hangat. [Redaksi]