oleh

Quick Count KPU Tuntas, HBY-Arif Unggul

DOMPU—Perhitungan cepat (Quick Count) KPU Kabupaten Dompu tuntas sudah. Pasangan nomor urut 1 Drs H Bambang M Yasin (HBY)-Arifuddin unggul atas tiga kandidat lain dalam perolehan suara Pilkada 9 desember 2015.

Jumlah perolehanyapun cukup jauh meninggalkan tiga rivalnya. HBY-Arif berhasil meraup 49.979 suara atau 36,74 persen, diposisi kedua diraih pasangan Ompu Beko-Kisman dengan total 37.140 suara atau 27,30 persen. Posisi selanjutnya pasangan Mulyadin-Kurniawan dengan suara 29.589 atau 21,75 persen, sementara diposisi terakhir pasangan Syafruddin-Rafiuddin dengan suara yang diperoleh sebanyak 19.331 atau 14,21 persen.

Total pemilih sebenarnya berjumlah 162.516, tetapi yang menggunakan hak pilih dan mendatangi TPS sebanyak 136.158 atau partisipasi pemilih berjumlah 83,78 persen. Sementara jumlah TPS yang tersebar se-Kabupaten Dompu berjumlah 458 TPS. Quik count KPU ini masih bersifat sementara karena masih menunggu perhitungan manual KPU.

Atas perolehan suara tersebut Drs H Bambang M Yasin menyatakan bersyukur masih dipercaya menjadi Bupati Dompu untuk periode selanjutnya. Karena itu pihaknya berjanji akan melanjutkan program-program yang masih berjalan. ‘’Patut bersyukur atas kepercayaan ini,’’ ujar calon incumbent ini.

Sementara itu kondisi Kabupaten Dompu pasca pencoblosan 9 desember lalu cukup kondusif. Tak ada yang memberi reaksi yang berlebihan baik yang menang maupun kalah.

Tapi isu permainan uang dalam Pilkada kali ini masih dibicarakan warga dan selalu diperbincangkan. Salah seorang anggota Paswas Pilkada Dompu Zailani mengakui mendengar hal itu. Hanya saja sejauh ini tidak ada satu pihakpun yang memberi laporan ke Panwas terkait hal itu. ‘’Belum ada yang melapor tentang kecurangan Pilkada,’’ ujar Zailani.

Untuk itu dia minta kepada seluruh pihak agar sama-sama menjaga kondisi daerah yang cukup kondusif ini. Terutama kepada tim sukses, pendukung dan simpatisan paslon yang menang supaya tidak menunjukan evoria yang berlebihan sehingga memancing suasana. ‘’Tapi syukurlah sampai hari ini cukup terkendali,’’ pungkasnya.

Komentar

Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Bijaklah dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA. Salam hangat. [Redaksi]