oleh

Laporan Perjalanan Study Pejabat Pemkab Dompu ke Belanda

 Akan Mengunjungi Sejumlah Kota

Tiga pejabat Pemkab Dompu yang terdiri dari Bupati Dompu Drs H Bambang M Yasin, Ketua DPRD Dompu Yuliadin Bucek S Sos, Kadis PU Ir Abdul Muis,M.Si melakukan perjalanan dan kunjungan ke negeri Belanda. Para pejabat itu akan belajar tentang pengelolaan air secara terpadu, inilah laporan Yuliadin Bucek S Sos langsung dari Belanda.

 

Tepatnya hari sabtu tanggal 21 mei 2016 pukul 07.45 pagi waktu Belanda rombongan mendarat di bandara Schiphol kota Amnsterdam setelah menempuh perjalanan udara sekitar 14 jam lamanya. Ikut dalam rombongan Bupati Dompu, Drs H Bambang M Yasin, Ketua DPRD Dompu Yuliadin S Sso, Ketua DPRD Kota Bima, Fery Sofian SH dan Kadis PU Dompu Ir Abdul Muis,M.Si.

Setiba di bandara langsung dijemput oleh tim dari Y Consultancy selaku yang berada di Belanda dan langsung menuju Propinsi Linburg tepatnya di Kota Roermond (Belanda bagian selatan yang berbatasan langsung dengan Jerman bagian barat) . Dikota ini memiliki pasar tradisional atau yang disebut open air market (semacam pasar mingguan, seperti pasar minggu, atau pasar rabu di Calabai dan di Lombok).

Dikota inilah rombongan menginap tepatnya di hotel Het Arresthuis Roermond. Hari senin pagi rombongan akan langsung menuju Kota Sittard Propinsi Limburg selatan dan akan mengunjungi Waterboard ‘’Roer en Overmaas, Kolam Rentensi dan usaha-usaha mengurangi tinngkat erosi dan sedimentasi dan lain-lain.

Selanjutnya dihari selasa tanggal 24 mei 2016 perjalanan atau kunjungan akan dilanjutkan di Propinsi Limburg bagian tengah atau tepatnya dikota Venlo, dan rombongan akan mengunjungi Waterboard ‘’Peel En Maasvallei (Pusat pengoperasian instalasi pengolahan air limbah).

Kemudian rabu 25 mei 2016 pada pagi harinya rombongan akan mengunjungi kota tepian air, Waalfront Nijmegen, sudetan sungai waal/river park tepatnya di propinsi Gelderland kota Nijmegen. Kota Nijmegen adalah kota yang berbatasan langsung dengan kota Kleve Jerman di sisi barat.

Siang harinya rombongan langsung menuju kota Rotterdam “rotterdam Climateproof (Green roofs/city water storage/ floating houses, dan menginap di kota tgl 25-26 Kota Rotterdam sendiri merupakan kota yang serba luar biasa di Belanda dan merupakan kota yang dijuluki kota arsitektur dan Belanda mendorong tumbuhnya berbagai inovasi.

Kemudian pada hari kamis 26 mei 2016 rombongan melanjutkan perjalanan menuju Propinsi Zeeland tepatnya dikota Schiedam, dan akan mengunjungi Hydrorock Internasional BV.

Dari seluruh rangkaian perjalanan atau kunjungandisejumlah tempat itu rombongan akan mendapatkan presentasi tentang prospek program dan berbagai upaya lanjutan untuk meningkatkan dan memperbaiki kebutuhan air secara terpadu.

Komentar

Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Bijaklah dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA. Salam hangat. [Redaksi]