oleh

Dua Penyu Hijau Yang Malang Dilepas ke Teluk Sanggar

DOMPU—Dinas Kelautan dan Perikanan Dompu melepas dua penyu hijau yang malang untuk kembali kehabitat semula dilaut bebas. Pelepasan dua hewan langka dilakukan di Teluk Sanggar, sekitar pantai Bukit Matompo Kecamatan Kilo Dompu.

Hadir dalam acara pelepasan penyu Kadis DKP Ir H Rusdi, Kabid Pengawasan PDKP Syahrul Ramadhan,SP, Lsm.kompak. gerlya serta pokmaswas mbuju. Setelah dilepas secara pelan-pelan dua penyu hijau itupun bermain dialam bebas.

Kabid Pengawasan PDKP Diskanlut Dompu Syahrul Ramadhan, dua penyu itu merupakan hasil tangkapan masyarakat yang secara suka rela menyerahkan kepada pemerintah untuk dikembalikan.

Satu penyu terdampar di muara sungai Karijawa dan ditangkap warga setempat. Diduga penyu ini berasal dari teluk cempi, menyusuri sungai Ama Maka hingga muncul di sungai sekitar Karijawa. Penyu ini juga diduga sisa tangkapan para pencuri penyu ditahun 2015 lalu dan sejumlah pelaku telah divonis penjara oleh PN Dompu.

Sementara satunya lagi ditangkap nelayan Kilo diperairan teluk Sanggar. Atas kesadaran warga penyu tersebut diserahkan ke Pemerintah untuk dilepas kehabitatnya semula.

Komentar

Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Bijaklah dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA. Salam hangat. [Redaksi]