oleh

Terpaksa Curi Untuk Kebutuhan Anak Kuliah

DOMPU–Nasib seorang ibu yang tertangkap kamera CCTV karena mencuri dompet disalah satu toko di kota Dompu ini memang sangat memilukan. Pelaku terpaksa gelap mata melihat onggokan tas didepanya tanpa ada yang mengawasi.

Seketika niatnya untuk mengambil barang orang lain itu muncul dibenaknya. Karena pada saat yang bersamaan dirinya sangat membutuhkan uang Rp 200 ribu untuk dikirim ke anaknya yang sedang kuliah.

Tanpa pikir panjang diembatnya tas dan diambilnya dompet yang ternyata berisi uang sebanyak Rp 900 ribu tersebut. Selanjutnya pelaku pergi meninggalkan toko dan bergegas ke bank untuk menstransfer uang Rp 200 ribu ke anaknya. Sementara sisanya, bersama dompet serta isi lainya disimpan baik-baik.

Pelaku ternyata sangat galau dengan apa yang telah dilakukanya. Karena itu ketika dijemput polisi ibu yang memiliki tiga orang anak dan membesarkanya sendiri karena telah ditinggal cerai suaminya itu langsung mengakui perbuatanya. Seketika saja sisa barang bukti kejahatanya diserahkap pada polisi dengan utuh dan masih rapi.

Ditanya penyidik kenapa hanya diambil Rp 200 ribu, dengan polos ibu yang berumur 42 tahun itu menjawab bahwa hanya itulah yang dibutuhkanya saat ini. Pelaku tampaknya sangat menyesali perbuatanya, itu terlihat dari raut wajahnya yang sangat ketakutan dan selalu berurai air mata.

Kasat Reskrim Polres Dompu AKP Priyo Suhartono SIK mengakui hasil pemeriksaan yang dilakukan bahwa pelaku tidak benar-benar berniat mencuri. Hanya karena ada kesempatan ditambah dengan kondisinya yang kepepet untuk mendapatkan uang. ”Ibu itu terpaksa melakukanya karena kepepet dan memiliki kesempatan,” urainya.

Hal itu bisa dilihat dari caranya, setelah mengambil dompet hanya memanfaatkan Rp 200 ribu, sisanya disimpan kembali dengan rapi. Biasanya kalau seorang pencuri setelah menguras isinya, dompet maupun barang-barang lain yang berhubungan dengan kejahatan langsung dibuang untuk menghilangkan jejak. ”Ini justru disimpan dengan baik,” tuturnya.

Sementara sejumlah tetangga dan kerabatnya yang mengetahui kejadian tersebut langsung mendatangi Polres Dompu menjenguk sekaligus menjelaskan pada polisi bahwa yang bersangkutan selama ini baik-baik saja tak pernah melakukan kejahatan seperti itu. ”Mungkin karena kepepet dengan kebutuhan anaknya,” ujar seorang tetangganya yang baru saja menjenguk di Polres Dompu.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya aksi pencurian yang terekam CCTV itu sangat mengagetkan publik Dompu mengingat pelakunya seorang ibu. Ada yang menghujat dan sebahagianya lainya merasa kasihan.

Komentar

Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Bijaklah dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA. Salam hangat. [Redaksi]