oleh

Mahasiswa TI STKIP Dompu Sudah Bisa Bikin Robot

DOMPU–Mahasiswa Teknologi (TI) STKIP Yapis Dompu ternyata sudah bisa membikin robot. Kreasi dan inovasi itu akan terus dikembangkan sehingga melahirkan mahasiswa-mahasiswa yang menguasai ilmu robot.

Kemampuan membikin robot itu terungkap saat mahasiswa TI semester I dan III menyerahkan Maket komputer dan Website di STKIP senin 9/1 2017. ”Kita juga sudah bisa membikin robot,” ungkap dosen TI Hasdar,M.Pd.

Untuk menujukan kemampuan membikin robot tersebut, mahasiswa TI dalam waktu dekat mendemostrasikan dihadapan publik dengan mengundang seluruh pelajar SMA/SMK untuk menyaksikanya.

Robot yang berhasil dibikin terdiri dari dua kategori yakni yang digerakan secara manual dan digerakan secara otomotis. Yang digerakan secara manual yakni robot-robot itu bergerak berdasarkan garis yang ditentukan. Sedangkan yang digerakan secara otomatis yakni dengan menggunakan teknologi android untuk mengendalikanya. ”Kemampuan ini yang akan kita tunjukan pada pelajar,” ungkapnya.

Sementara Wakil Ketua II STKIP Dompu Nadirah SE sangat mengapresiasi kreasi dan inovasi para mahasiswanya. Kemampuan itu kata Nadirah hendaknya terus dikembangkan yang pada akhirnya akan mampu melahirkan pencipta robot baru ditanah air.

Atas kreasi dan inovasi itu, Nadirah juga mengusulkan agarmahasiswanya menciptakan bak sampah pintar. Ini untuk menjawab tantangan masyarakat Dompu yang sampai saat ini masih perlu dibangun kesadaranya untuk tidak membuang sembarangan sampah.

Bak sampah pintar ini diuraikan Nadirah yakni dengan memasang sebuah perangkat roboh manakala warga membuang sampah disitu pandai mengucapkan terima kasih. ”Jangka pendek tolong buatkan bak sampah pintar,” harapnya.

Atas usulan itu seluruh mahasiswa IT STKIP Dompu langsung menyanggupinya dan bersedia merancangnya. (01)

Komentar

Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Bijaklah dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA. Salam hangat. [Redaksi]

News Feed