oleh

Disnak  Datangkan 1.000 Ekor Sapi Brahman

DOMPU–Program unggulan Terpijar terus menarik perhatian pemerintah pusat. Kali ini Pemkab Dompu melalui Dinas Peternakan (Disnak) mendapat kesempatan untuk pengembang biakan sapi Brahman Cross (BX).

Hasil loby yang dilakukan pihak Pemkab, sebanyak 1000 ekor sapi Brahman dalam waktu dekat ini akan dipasok ke Dompu. Oleh pihak Dirjen Peternakan, sapi itu akan diimpor langsung dari Australia negara asal sapi Brahman Cross. ” Pak Bupati sendiri menghadap langsung pak Dirjen. Alhamdulillah membuahkan hasil. Dan pak Dirjen pun melakukan kunjungan balasan ke Doro Ncanga,” ungkap Kadisnak Dompu, Drs H Gaziamansyuri saat ditemui di Mushalah Albaqarah, komplek kantor Disnak.

Pihak Dirjen kata Kadisnak mengaku cukup tertarik dengan potensi yang ada di kawasan Doro Ncanga. Responsif yang luar biasa langsung ditunjukan Dirjen yang kemarin turun beserta jajarannya. “Doro Ncanga dinilai sangat cocok untuk kembang biak Brahman. Pak Dirjen langsung meminta ditindaklanjuti dengan proposal guna memaksimalkan program itu,” ujarnya.

Saat ini dikwasan UPT Doro Ncanga, pihak Disnak telah menyiapkan lahan 60 dan dipagar. Areal untuk tanaman Lamtoro 40 hektar.
Pihak Disnak pula kini melakukan persemaian bibit pakan ternak. “Bibit kita tanam Desember dan panen insya Allah April nanti,” kata Kadisnak

Memaksimalkan pelaksanaan program dimaksud. Pihak Disnak membutuhkan bantuan sarana dan prasarana penunjang seperti alat pemotong rumput (Chooper), tambahan sumur bor dalam 3 titik. Mesin Traktor untuk Land Clearing atau pembersihan lahan. “Tenaga dokter kita siapkan. Status UPT Doro Ncanga nanti kita tingkatkan statusnya,” jelasnya. (DB02)

Komentar

Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Bijaklah dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA. Salam hangat. [Redaksi]