oleh

Cegah Bahaya Laten Narkoba, Jaksa Keliling Masuk Sekolah

 

DOMPU–Besarnya ancaman bahaya peredaran narkoba ditengah kehidupan masyarakat, menuntut setia komponen di negeri ini untuk ikut ambil bagian melakukan upaya pencegahan.

Seperti yang dilakukan pihak kejaksanaan negeri (Kejari) Dompu. Saat ini sejumlah jaksa secara aktif dan intens berkeliling mendatangi sekolah-sekolah tingkat SMU di wilayah Kabupaten Dompu.

Kegiatan dengan label Jaksa Masuk Sekolah (JMS) tersebut adalah murni program dari pihak Kejaksaan Agung (Kejagung) yang wajib ditindaklajuti dan dilaksanakan oleh masing Kejaksaan Negeri (Kejari) yang ada dimasing-masing daerah di nusantara ini.

 

Selasa (08/05) pagi tadi, petugas JMS dari Kejari Dompu berkesempatan menggelar kegiatan dimaksud yakni di SMU 3 Woja. Dengan bekal ilmu dan pengetahuan hukum yang dimiliki. Para jaksa muda itu dengan semangat tinggi memberikan sosialisasi dan pemahaman kepada siswa pelajar akan bahaya laten narkoba. “Ini bagian upaya pencegahan dini. Implikasi hukum dan dampak sosialnya pun kita uraikan sedetailnya dihadapan siswa,” ungkap Sulham SH, Kasi Intel Kejari Dompu yang juga turut sebagai pembicara pada kegiatan itu.

Lembaga Adhyaksa dalam hal ini bukan hanya sebagai intitusi penegak hukum. Tapi pihaknya menurut Sulham ingin bertindak secara aktif dalam memberikan sosialisasi dan pemahaman terhadap upaya pencegahan ditengah ancaman peredaran narkoba. “Kita fokus ke upaya pencegahan. Materi yang disampaikan juga soal kenakalan remaja,” tuturnya.

Kegiatan JMS itu kata dia secara rutin dilaksanakan setiap 3 bulan sekali. Sasarannya yakni anak remaja usia sekolah tingkat SMU. Karena masa remaja dinilai rentan akan pengaruh hal-hal negativ. “Sedini mungkin kita bekali mereka gar bisa bentengi diri dari ancaman narkoba,” katanya.

Sulham berharap para remaja dan pelajar untuk bisa mempersiapkan diri secara matang dan lebih mawas diri terhadap pengaruh pergaulan dan lingkungan sosial yang tidak betmanfaat. “Pencegahan narkoba juga menjadi tanggung jawab kita bersama. Terutama pengasan orang tua,” pungkasnya. (DB02)

Komentar

Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Bijaklah dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA. Salam hangat. [Redaksi]