oleh

Ini Dua Desa Miskin di Kabupaten Dompu

DOMPU,- Program pemerintah Kabupaten Dompu untuk mengurangi angka kemiskinan nampaknya belum merata pada seluruh masyarakat, Pasalnya ada dua desa yang masuk dalam kategori miskin berdasarkan data dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu RI) tahun 2018, yaitu Desa Saneo dan Desa Riwo.

Kepala Bidang Pemerintah Desa DPMPD Kabupaten Dompu, M. Ali yang ditemui di kantornya Rabu (19/12) mengungkapkan, penetapan kedua Desa tersebut sebagai desa miskin di Dompu adalah hasil pendataan langsung oleh tim pusat di berbagai Desa yang ada di Kabupaten Dompu.

Menurutnya ada beberapa indikator yang menjadi pertimbangan, diantaranya setengah dari total jumlah penduduk yang ada di dua desa tersebut masih hidup dibawah garis kemiskinan dan letak geografis wilayah yang masih jauh dari pusat kota, dan banyak lagi persoalan lainnya.

“dua Desa tersebut dikategorikan miskin karena beberapa faktor, diantaranya angka kemiskinan masyarakatnya yang masih tinggi dan letaknya yang jauh dari pusat kota”, jelas M Ali.

Sejak empat tahun terakhir, pemerintah pusat telah mengucurkan Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD), demi mensejahterahkan masyarakat, Namun hal itu belum berdampak terhadap kedua Desa tersebut, angka kemiskinan tersebut menjadi bukti dua Desa tersebut masih dikategorikan miskin oleh Kemenkeu RI.

M Ali menambahkan, pada tahun 2019 menjdatang dua Desa tersebut dipastikan akan mendapatkan kucuran dana yang lebih tinggi lagi, sekitar 1 Miliar akan dikucurkan oleh pemerintah Pusat kepada kedua Desa yang masih tergolong miskin tersebut, tidak hanya itu, 25 Desa lainnya yang ada di kabupaten Dompu akan mendapat tambahan anggaran Dana demi meningkatkan kualitas Daerah di Kabupaten Dompu

“dipastikan seluruh Desa yang ada di Kabupaten Dompu akan mendapatkan tambahan anggaran Dana Desa pada tahun 2019 mendatang”, jelas M Ali. (DB03)

Komentar

Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Bijaklah dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA. Salam hangat. [Redaksi]