oleh

Blanko KTP Masih Kosong, Warga Resah

DOMPU-Ketidaktersediaan blanko KTP elektronik pada Dinas Dukcapil Dompu menuai keresahan bagi sejumlah warga.

Hampir dua bulan lamanya, blangko KTP elektronik tersebut sampai hari ini belum juga tersedia alias masih kosong.
Untuk memenuhi permintaan warga yang mencetak KTP, pihak Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) sementara ini terpaksa menerbitkan surat keterangan (Suket) sebagai pengganti KTP.

Karena bersifat sementara Suket ini hanya berlaku selama 6 bulan. Meski demikian sejumlah warga tetap saja mengaku resah. Pasalnya, Suket tersebut menurut warga bukan menjadi jaminan ketika warga mengurusi kebutuan administrasi terutama bagi warga yang berkegiatan diluar wilayah Kabupaten Dompu. “Suket itu tetap saja diragukan karena bukan KTP. Apalagi kami yang punya banyak urusan di luar daerah cukup kesulitan dengan kondisi ini, ” ungkap Nuraini salah seorang warga.

Sejumlah warga meminta agar pemerintah segera menyelesaikan persoalaan yang menyebabkan ketersediaan blanko KTP. “Memiliki KTP itu kewajiban warga. Dan itu bagian dari kebutuhan. Pemerintah harus sigap melihat kondisi ini, ” celoteh warga yang ditemui media ini di kantor Dinas Dukcapil Dompu.

Secara terpisah Kadis Dukcapil Dompu, Dra Sri Ratnasari mengakui pihaknya saat ini mengalami kekosongan stok blanko KTP. “Blanko masih belum datang, kita lagi mengupayakannya,” katanya saat ditemui di ruang kerjanya.

Menurutnya, kekosongan blanko KTP tersebut berlaku disejumlah daerah dan bukan hanya di Kabupaten Dompu saja. Hal lain yang menyebabkan ketersediaan blanko yakni terbatasnya jatah dan kuota yang di distribusikan pemerintah pusat. “Oleh pusat itu dibagi rata ke semua daerah. Jadi tidak melihat sesuai kebutuhan kita, ” tutur Ratnasari.

Kondisi ini bukan hanya terjadi kali ini saja, melainkan telah berkali-kali. Bahkan hampir setiap tahun Dinas Dukcapil Dompu selalu mengalami kekosongan stok blanko KTP. “Secepatnya akan kita upayakan agar blanko kembali tersedia,” ujarnya.

Sementara itu, Dirjen Kependudukan dan Catatan Sipil, Kemendagri RI, Prof Dr Zudan Arif Fakrulloh saat dihubungi media ini mengungkapkan sedikitnya ada ratusan ribu keping blanko KTP saat ini yang tersedia. “Silahkan datang ambil. Di pusat ada 300 ribuan keping, ” ungkapnya.

Menanggapi adanya rumor terkait kelangkaan blanko KTP yang dialami sejumlah daerah itu dipicu dugaan proses lelang tender yang bermasalah, menurut Zudan Arif itu sama sekali tidak benar adanya. “Tidak ada masalah lelang. Lelang sudah e Catalog, silahkan datang ambil saja,” pungkas sang profesor. (DB02)

Komentar

Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Bijaklah dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA. Salam hangat. [Redaksi]