oleh

Suasana Haru Mewarnai Sertijab Dandim 1614 Dompu

DOMPU-Kamis (12/09) pagi tadi merupakan hari terakhir bagi Letkol CZI Arief Hadiyanto SIP menjabat sebagai Dandim 1614 Dompu. Suasana haru tampak mewarnai prosesi Sertijab dan pisah sambut pejabat TNI AD itu.

Selama 3 tahun Arief menjabat Dandim Dompu. Kini jabatan itu akan diambil alih oleh Letkol Inf Ali Cahyono, S Kom. Bertempat di lapangan Tenis Kodim Dompu Kamis pagi tadi berlangsung prosesi Serah Terima Jabatan (Sertijab) kedua perwira TNI Angkatan Darat (AD) itu.

Pasca tidak lagi menjabat lagi sebagai Dandim Dompu, Arief Hadiyanto akan
ditarik kembali bertugas di jajaran Kodam Udayan, Denpasar Bali. Acara Sertijab dan pisah sambut itu dihadiri langsung Bupati Dompu Drs H Bambang M Yasin, Ketua DPRD Dompu Yuliadin S Sos, Forkopimda, Legiun Veteran, Pejabat Pemkab, pimpinan BUMD, para Lurah dan Kades, pengurus PKK dan Pengurus Dharmawanita serta masing-masing Danramil dijajaran Kodim 1614 Dompu.

Suasana haru pun tampak mewarnai prosesi acara pisah sambut Dandim Dompu dari pejabat lama ke pejabat baru pagi tadi.

Suasana haru itu terlihat saat Letkol CZI Arief Hadiyanto ditemani istri menyampaikan sambutan terakhirnya. Dihadapan tamu undangan Arief menuturkan selama bertugas di Dompu dirinya memiliki banyak kenangan baik dalam suka dan duka.

Arief mengaku cukup nyaman selama berdinas di daerah bermoto Bumi Nggahi Rawi Pahu. Masyarakat Dompu kata mantan Dandim ini sangat baik dan ramah. “Dompu adalah rumah kedua bagi saya. Saya sudah bertugas dimana-mana, tapi Dompu membuat saya betah. Ada banyak kenangan selama saya di Dompu,” tutur Letkol Arief Hadiyanto dengan nada terharu.

Saking terharunya, Arief dan sang istri terlihat meneteskan air mata. Namun demikian sebagai seorang prajurit Arief harus tetap tegar dan siap melaksanakan perintah tugas dalam situasi dan kondisi apapun. “Prajurit juga manusia jangan heran kita juga bisa ikut bersedih. Tapi kita selalu siap manakala tugas memanggil,” tutur Dandim yang langsung diaplaus tamu undangan.

Dikatakannya, Kabupaten Dompu adalah daerah yang memiliki cukup banyak potensi dan salah satunya adalah sektor pertanian. Program komoditi Jagung Dompu saat ini telah mendapat pengakuan Nasional. Bahkan berkat Jagung pula dirinya dipanggil Presiden Joko Widodo ke Istana Negara. “Karena Jagung Dompu lah saya Dandim pertama yang dipanggil langsung bapak Presisen,” kata Arief yang lagi-lagi diaplaus tamu undangan yang hadir.

Meski akan meninggal kan Kabupaten Dompu. Perwira TNI yang dikenal ramah ini berjanji akan terus mendoakan yang terbaik bagi perkembangan daerah dan masyatakat Dompu. Arief juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada jajaran Pemkab Dompu yang telah menjadi mitra kerja TNI didaerah.
“Saya dan istri akan selalu berdoa agar kedepan Dompu bisa lebih maju lagi,” ucap Arief mengakhiri sambutannya.

Sementara itu Dandim Dompu yang baru Letkol Inf Ali Cahyono S Kom dalam sambutan singkatnya menyampaikan terima kasih dan penghargaan karena telah diizinkan untuk bertugas di Kabupaten Dompu. “Tugas ini adalah sebuah kepercayaan dan penghargaan. Jadi harus dilaksanakan dengan sebaik-baiknya,” katanya.

Dandim pun berharap adanya dukungan dan kerjsama yang baik dari semua pihak terutama pemerintah daerah setempat. “Insya Allah kita semua akan bekerjasama. Mohon dukungannya agar kita bisa bekerja lebih baik lagi,” ujar Ali Cahyono.

Bupati Dompu Drs H Bambang M Yasin yang didaulat menyampikan sambutan mengaku tersanjung dengan kinerja yang ditunjukan Letkol Arief Hadiyanto selama menjabat sebagai Dandim Dompu. “Saya merasa tersanjung, berkat pak Arief juga Dompu sekarang terkenal termasuk dihati Presiden Jokowi,” katanya.

Bupati juga menyampaikan ucapan selamat datang dan selamat bertugas kepada Letkol Inf Ali Cahyono sebagai Dandim 1614 Dompu yang baru. (DB02)

Komentar

Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Bijaklah dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA. Salam hangat. [Redaksi]