oleh

Ratusan Kuda Siap Berlaga di Arena Tren Teratur

DOMPU-Ratusan kuda pacu di wilayah Kabupaten Dompu dan Bima, Sabtu pagi besok akan berlaga darena pacuan kuda lembah Kara Desa Lepadi, Kecamatan Pajo, Dompu.

Sejumlah kuda pacuan ini, akan berlaga dalam ajang Training atau yang lebih lazim disebut pecinta kuda pacuan di Dompu dan Bima sebagai Tren Teratur.

Kendati disebut dengan istilah Training, Namun para peserta wajib membayar biaya pendaftaran sebesar Rp 200 ribu per ekor kuda.

Dengan sistim pendaftaran itu pula, pihak panitia diwajibkan menyediakan hadiah bagi kuda yang berhasil tampil sebagai juara.

Hal ini pula yang membedakan dengan kegiatan Training rutin yang memang kerap dilaksanakan setiap hari Minggu Dan tanpa biaya pendaftaran.

Pada ajang Tren teratur ini sebanyak 14 kelas dilombakan yakni mulai dari kelas TK hingga kelas bergengsi kelas D.

Pihak panitia pun telah mempersiapkan arena pacuan. Demikian pula dengan proses pengukuran terhadap kuda-kuda yang telah melakukan pendaftaran. “Ini wadah silaturahim pecinta kuda pacu. Dan sebagai ajang pemanasan jelang kejuaraan antar daerah,” kata ketua panitia Abdul Haris didampingi Erwin, selaku tim pengukur saat ditemui media ini di arena pacuan kuda Lembah Kara, Lepadi, Jumat (28/02) siang tadi.

Tren teratur ini menurut Abdul Harus akan dilaksanakan selama 5 hari, mulai dari tanggal 29 Perbuari hingga 4 Maret.
Selain kuda pacu diwilayah Dompu. Kegiatan ini pula diikuti, kuda pacu dari Kabupaten Bima. “Hal semacam ini bagian dari upaya kami pecinta kuda pacuan untuk terus melestarikan budaya Dan tradisi pacuan kuda di Bumi Nggawi Rawi Pahu,” tuturnya. (DB02)

Komentar

Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Bijaklah dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA. Salam hangat. [Redaksi]