oleh

Lewat Mancing DBF Promosikan Daerah Dompu

DOMPU-Hobi memancing bagi sebahagian orang dianggap sebagai hobi gila, buang waktu, buang energi bahkan menghabiskan uang. Tetapi tidak bagi mereka yang tergabung dalam organisasi Dompu Brotherhood Fishing (DBF), justru dengan memancing mereka ingin berbuat sesuatu membantu sesama dan ikut serta mendorong bagi kemajuan daerah ini.

Ketua DBF Dompu Imam Budiman menyatakan bahwa rekan-rekanya yang tergabung dalam Dompu Brotherhood Fishing adalah mereka yang peduli, baik terhadap sesama, lingkungan bahkan bagi kemajuan daerah ini.

Kepedulian terhadap sesama ditunjukan ketika rezeki memancing berlimpah dan sebahagianya dilelang untuk disumbangkan kepada pihak yang membutuhkan. Bahkan pada moment tertentu menggelar sebuah kegiatan amal dengan label Trip Amal dimana hasil memancing langsung disumbangkan ke yayasan-yayasan pendidikan yang sangat membutuhkan bantuan.

Sedangkan kepedulian terhadap lingkungan adalah dengan melakukan pembersihan pantai, tak boleh membuang sampah disembarang tempat. ”Bahkan bagi yang merokok tak boleh membuang puntungnya dipantai apalagi dalam laut,” tutur Imam B.

Lalu bagaimana cara para pemancing ingin ikut mendorong bagi kemajuan daerah, menurut Imam, Dompu punya potensi laut dan pantai yang sangat luar biasa. Potensi itu tentu harus dieksplor agar menjadi daya tarik tersendiri bagi yang ingin menikmatinya.

Potensi ikan juga tidak kalah dengan daerah lain di Indonesia bahkan dimanca negara. Jenis ikan berkelas duniapun ternyata ada di perairan laut Kabupaten Dompu. ”Setelah dipublish hasil tangkapan kami, pemancing mania Jepang langsung kontak dan ingin datang memancing di Dompu. Alasanya habitat ikan hanya ada dibeberapa negara saja,” jelas Imam.

Dilaut utara dan laut selatan Kabupaten Dompu menjadi lokasi andalan untuk memancing dan tersedia ikan baik dalam ukuran maupun jenis. Untuk ukuran ikan perekor bisa sampai 60 kg beratnya.

Agar publik bisa mengetahui potensi Dompu, DBF telah membuat kanal khusus di Youtube

selanjutnya DBF tengah melobi Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Dompu agar memasukan agenda memancing dalam rangkaian HUT Dompu tahun 2020 ini.

Kalau  lomba memancing bisa masuk dalam agenda HUT Dompu maka DBF bisa memastikan ratusan pemancing diseluruh Nusantara dan Manca Negara akan berdatangan ke Kabupaten Dompu. ”Ini salah satu cara kita memperkenalkan daerah sampai ke publik manca negara,” pungkas Imam. (DB01)

Komentar

Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Bijaklah dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA. Salam hangat. [Redaksi]