oleh

Lebaran Tahun Ini Dipastikan Sepi Hagala

DOMPU-Lebaran tahun 2020 atau 1441 H ini dipastikan sepi akan hagala. Hagala adalah sebuah tradisi pemberian hadiah lebaran uang seala kadarnya terutama bagi ana-anak dan warga yang tak mampu.

Tradisi hanya berlaku saat lebaran saja, baik lebaran Idul Fitri maupun Idul Adha. Biasanya anak-anak maupun orang dewasa yang tak mampu usai salat id mendatangi rumah-rumah orang berada, selain untuk bersilaturrahmi sekaligus berharap adanya Hagala.

Bagi anak-anak hagala hanya sekedarnya saja, mulai Rp 2.000, sampai Rp 10 ribu perorang. Sedangkan orang dewasa bisa Rp 10 ribu hingga Rp 50 ribu. Per keluarga yang mampu bisa membagi hagala ratusan bahkan ribuan orang.

Melihat kenyataan Pandemi Covid 19 masih saja berlangsung sudah bisa dipastikan pembagian hagala berkurang bahkan sepi. Ini selain tidak ada acara kumpul-kumpul juga karena kondisi ekonomi yang sedang morat-marit. (DB01)

Komentar

Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Bijaklah dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA. Salam hangat. [Redaksi]