oleh

Danrem 162/Wira Bhakti Pimpin Upacara Latihan Posko di Kodim Dompu

Danrem 162/Wira Bhakti Pimpin Upacara Latihan Posko di Kodim Dompu

DOMPU-Danrem 162/Wira Bhakti Brigjen, Ahmad Rizal Ramdhani S, Sos. SH. M, HAN, Rabu (17/06) pagi tadi memimpin langsung upacara pembukaan latihan posko di kantor Kodim 1614 Dompu.

Upacara pembukaan latihan posko I yang di laksanakan di lapangan Makodim Dompu selain melibatkan pejabat Korem dan Kodim juga dihadiri oleh Bupati Dompu, Ketua DPRD, Forkopimda, Dandim Bima dan Dandim Sumbawa serta pengurus Persit.

Sebagai peserta upacara pihak Kodim 1614 Dompu juga melibatkan aparat Sat Brimob, petugas Pol PP, Dishub, dan sejumlah OPD lainnya.

Maksud dan tujuan pelaksanaan latihan posko I yakni sebagai salah satu bentuk kesiap siagaan awal pihak TNI AD dalam menentukan sikap dan langkah strategis untuk menghadapi terjadinya ancaman bencana non alam Corona Virus Diasses (Covid 19).

Latihan posko itu merupakan persiapan operasi prajurit TNI AD dalam membantu pemerintah daerah terhadap upaya pencegahan dan penanganan Covid 19 saat ini.

Dalam pembacaan amanatnya, Danrem 162/Wira Bhakti Brigjend Ahmad Rizal Rhamdani menyampaikannya bahwa ancaman Covid 19 yang terjadi saat ini telah membawa pengaruh nesar terhadap tatanan kehidupan masyarakat. “Pandemi Covid 19 saat ini tidak hanya meresahkan tapi juga melemahkan ekonomi masyarakat,” ungkapnya.

Dengan situasi dan kondisi demikian. Jajaran TNI dalam hal ini prajurit Angkatan Darat (AD) mengambil peran dan berkontribusi salah satunya dengan menggelar latihan posko I. “Dengan kegiatan ini sedini mungkin kita bisa lebih tanggap dalam upaya pencegahan dan penanganan Covid 19,” kata Danrem.

Pada pelaksanaan kegiatan tersebut, Danrem menegaskan agar semua prajurit yang terlibat wajib mengutamakan kesehatan dan keamanan diri. Salah satunya yakni dengan tetap berperilaku hidup sehat dengan selalu mengikuti protokol pencegahan Covid 19. “Pola hidup sehat wajib kita utamakan,” tegas jenderal bintang satu TNI AD itu.

Usai memimpin upacara. Danrem bersama bupati dan pejabat yang hadir menyempatkan diri berkeliling mengecek dan melihat secara langsung bentuk persiapan dan sarana latihan posko I yang telah disediakan pihak Kodim 1614 Dompu. “Dompu sudah diakui bersih, aman dan kembali hijau, ini luar biasa,” ujarnya.

Peran pimpinan daerah terutama bupati menurut Danrem menjadi modal utama dalam upaya pencegahan Covid 19. Karen dengan demikian, bupati harus bisa memberikan kebijakan stategis dan arahan ke masing-masing stack holder yang ada. “Ini latihan posko pertama di Indonesia. Daerah lain belum ada yang berani laksanakan. Dompu luar biasa, ada salam hormat bapak Pangdam untuk masyarakat Dompu,” tutur Brigjen Ahmad Rizal Ramdhani.

Selain memimpin upacara latihan posko. Brigjen Ahmad Rizal Ramdhani pagi tadi juga melaksanakan do,a syukuran bersama puluhan anak yatim binaan yayasan Fitua Dompu.

Acara tersebut dilaksanakan sebagai ucapan syukur atas prestasi jabatan dan pangkat yang melekat pada diri Brigjen Ahmad Rizal Ramdhani. (DB02)

Komentar

Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Bijaklah dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA. Salam hangat. [Redaksi]