oleh

Dompu Akan Segera Miliki Alat Swab Sendiri

DOMPU-Kabar gembira datang dari Dinas kesehatan Kabupaten Dompu, dalam waktu dekat masyarakat Bumi Nggahi Rawi Pahu akan memiliki alat swab sendiri untuk mendeteksi Virus Corona dalam tubuh seseorang.

PLT Kadis Kesehatan Dompu Maman H Siddiq M.Kes didampingi Kabid Sumber Daya Kesehatan Abubakar H Huzain A.Mg menyatakan hal itu. Menurutnya dalam waktu dekat Dompu akan memiliki alat sendiri untuk Swab Corona.

”Jadi kalau alat ini sudah bekerja, tak perlu lagi Swab keluar daerah,” tutur Maman.

Alat ini menurut Maman sebenarnya sudah ada di RSUD Dompu sejak lama. Hanya saja fungsinya selama ini adalah untuk mendeteksi virus TBC dengan nama alatnya Test Cepat Molekuler (TMC).

Fungi alat ini sebenarnya lebih canggih dari alat untuk mendeteksi Corona, karena itu kalau dipakai untuk mendeteksi Corona maka hasilnya akan lebih maksimal dan secepatnya diketahui hasilnya.

Hanya saja ada beberapa komponen alat yang akan disesuaikan sehingga hasilnya akan terbaca dengan baik. ”Terutama Catridge-nya harus diganti dari yang membaca virus TBC ke membaca virus Corona,”terang Maman.

Keuntungan lain dari punya sendiri ini tambah Maman, pasien tidak akan menunggu lama sampai berhari-hari dalam mendeteksi. ”Cukup beberapa jam saja hasilnya sudah dapat diketahui,” urainya.

Penggunaan alat ini sudah disetujui oleh Kementrian Kesehatan RI, saat ini Catridge yang dibutuhkan sedang dalam pengiriman. Sedangkan menyangkut tenaga yang mengoperasikan sudah tersedia dan tinggal dioperasikan. (DB01)

 

 

Komentar

Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Bijaklah dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA. Salam hangat. [Redaksi]