oleh

Ratusan Pendukung SUKA Merangsek, Anggota KPU Tertahan di Bawaslu

 

DOMPU-Proses musyawarah dan mediasi yang berlangsung di kantor Bawaslu Dompu, Rabu (30/9) siang tadi diwarnai aksi kericuhan.

Kericuhan yang terjadi di kantor Bawaslu itu berawal aksi demonstrasi massa yang dilakukan ratusan pendukung Bakal Pasangan Calon (Bapaslon) bupati dan wakil bupati Syaifurrahman Salman dan Ika Rizki Veryani.

Massa yang sejak pagi hari telah berkonsentrasi merasa tidak puas dengan hasil musyawarah yang berakhir buntu.

Proses musyawarah yang digelar Bawaslu itu mempertemukan kedua pihak yang bersengketa yakni tim Bapaslon Syaifurrahman Salman-Ika Rizki Veryani (SUKA) dengan KPUD Dompu.

Karena hasil musyawarah menemui jalan buntu. Massa pendukung SUKA memaksa ingin mendengarkan penjelasan pihak KPUD. Namun hal itu tidak terpenuhi.

Saat rombongan Bapaslon SUKA dan pihak KPUD Dompu hendak meninggalkan kantor Bawaslu, spontan massa aksi mulai berulah dan berusaha menahan serta menghalangi mobil yang ditumpangi komisioner KPU.

Karena merasa terancam, mobil Toyota Inova warna hitam yang ditumpangi para komisioner KPU akhirnya mundur kembali ke dalam halaman kantor Bawaslu.

Petugas kepolisian pun terus berupaya memenangkan massa. Hujan batu pun mulai melayang ke kantor Bawaslu. Aksi saling dorong antara massa dengan aparat pun tak terelakan.

Guna meredam aksi anarkis massa, polisi terpaksa menembak kan gas air mata ke arah massa. Suasana kericuhan pun terjadi, polisi terus berusaha meredam aksi massa.

Mobil water connan pun dikerahkan kan. Pasukan Brimob dan Sabhara dikerahkan, beberapa orang massa tampak ada yang diamankan petugas karena dianggap sebagai perusuh.

Beberapa orang petugas keamanan juga tampak ada yang terluka akibat terkena lemparan batu.

Berkat kesigapan aparat keamanan, aksi massa akhir mampu dipukul mundur. Para komisioner KPUD yang awalnya tertahan di Bawaslu akhirnya berhasil dievakuasi oleh petugas.

Kericuhan siang tadi juga berdampak pada macetnya arus lalulintas di ruas jalan lingkar utara Kota Dompu itu.

Hingga berita ini dirilis, massa pendukung dan simpatisan SUKA terlihat masih berkonsentrasi di posko pemenangan yang juga tak jauh dari kantor Bawaslu yakni di jalan Baru, Karijawa Dompu. (DB02)

Komentar

Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Bijaklah dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA. Salam hangat. [Redaksi]