oleh

BNK dan Lapas Dompu Sosialisasikan P4GN Kepada Narapidana

 

DOMPU-Memperingati Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) tahun ini, pihak Badan Narkotika Kabupaten (BNK) Dompu bekerjasama dengan LAPAS kelas IIB Dompu menggelar kegiatan sosialisasi P4GN kepada para Narapidana.

Kegiatan sosialisasi Pencegahan, Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) bagi masyarakat dilaksanakan di lapangan olahraga LAPAS Kelas IIB Dompu, Selasa (22/12) pagi tadi.

Hadir pada kesempatan itu Kepala BNK Dompu H Zulkifli Kubis S.Sos, kepala BNNK Bima AKBP Hurri Nugroho, SH. MH, Kasat Narkoba Polres Dompu IPTU Thamrin S.Sos dan pihak Lapas Dompu diwakili KPLP Nugraha Sukma Anggara dan Kasi Kantib Nursalam.

Sosialisasi P4GN pagi tadi diawali dengan Zumba atau senam bersama yang dipandu Fahaqu Cs.

Ratusan warga binaan pun turut serta menikmati alunan musik dan hentikan gerakan para instruktur Zumba.

Senam bersama itu pun dilakukan dengan standar protokol kesehatan (Prokes) pencegahan Covid 19.

Para napi dan peserta Zumba berdiri dengan menjaga jarak dan tetap menggunakan masker.

Usai Zumba sekitar pukul 08.30 Wita, para warga binaan kembali fokus untuk mengikuti kegiatan sosialisasi. “Narkoba sangat berbahaya. Tidak kenal tempat, tidak kenal siapa. Kita tidak boleh lengah, ayo kita perangi narkoba,” kata Zulkifli Lubis.

Dampak yang diakibatkan dari peredaran dan penyalahgunaan narkoba menurut Zulkifli sangatlah merugikan. Orang yang terjangkit narkoba masa depannya suram. Kesehatannya buruk pun demikian dengan kondisi mental dan kejiwaanya. “Kita semua harus hidup sehat tanpa narkoba. Mari kita berkreasi tanpa narkoba,” ujarnya.

Upaya pemberantasan dan penegakan hukum pada pelaku kejahatan narkoba terus dilakukan lembaga kepolisian.

Menurut Kasat Narkoba, kasus narkoba yang ditangani Polres Dompu saat ini mengalami penurunan. Jika dibandingkan tahun sebelumnya.

Namun demikian kata Kasat Reskrim, pihaknya tidak serta merta berdiam diri dan merasa puas dengan hasil penanganan saat ini. “Kami terus bekerja. Kami bertekad Dompu bisa bebas dari peredaran narkoba. Tentu dengan dukungan semua pihak,” tegasnya.

Selain masalah narkoba. Para narapida juga diberikan pencerahan tentang ancaman bahaya penularan virus HIV/AIDS dan wabah Covid 19.

Pada kesempatan itu pula, sejumlah warga binaan Lapas Dompu mendapatkan hadiah undian doorprice. (DB02)

Komentar

Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Bijaklah dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA. Salam hangat. [Redaksi]