oleh

Cegah Ancaman Abrasi, Kodim Dompu Tanam Ribuan Pohon Mangrove

DOMPU-Komitmen jajaran Kodim 1614 Dompu membantu pemerintah dalam upaya pelestarian ekosistem bahari terus dilakukan.

Jumat (03/12) pagi tadi, prajurit TNI AD dilingkungan Kodim melaksanakan kegiatan penanaman ribuan bibit pohon Mangrove (Bakau) di wilayah perairan Teluk Saleh, tepatnya di pantai Soro Timur, Desa Soro, Kecamatan Kempo.

Kegiatan penghijauan kawasan pantai itu dimpimpin langsung Dandim 1614 Dompu Letkol Inf, Ali Cahyono, S.Com.

Selain dilakukan oleh personil Kodim. Penanaman mangrove juga diikuti oleh pengurus Persit Kartika Chandra. Dan oleh komponen masyarakat di Kecamatan Kempo.

Sebanyak 2000 ribu bibit pohon Mangrove tuntas ditanam oleh pihak Kodim dan tamu yang hadir.

Kegiatan penghijauan bertujuan untuk menjaga kelestarian ekosistem alam bawah laut yang ada di sepanjang perairan Teluk Saleh.

Menurut Dandim Dompu, penanaman bibit Mangrove itu sebagai salah satu langkah strategis dalam upaya pencegahan terjadinya bencana abrasi pantai. Sebab setiap tahun daerah sekitar itu kerap menjadi ancaman abrasi pantai. “Ini contoh kecil hal nyata yang dilakukan guna pencegahan bencana abrasi,” kata Letkol Inf Ali Cahyono.

Dengan adanya kegiatan itu pula, kedepannya kata Dandim daerah di pantai Soro Timur bisa dijadikan sebagai potensi wisata bahari.

Tersedianya potensi wisata pantai didaerah itu harus mendapatkan dukungan dan perhatian dari warga sekitar maupun pihak terkait lainnya. “Nanti ini bisa menjadi penunjang pariwisata di pantai Soro Timur. Sekarang tinggal kita menjaga dan menatanya,” papar perwira TNI AD ini.

Acara penghijauan tanaman Mangrove tersebut dilaksanakan secara serentak dijajaran Korem 162 Wirabhakti. (DB02)

Komentar

Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Bijaklah dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA. Salam hangat. [Redaksi]