oleh

Pariwisata Kelas Dunia “Lakey” Minim Perhatian, Gubernur NTB Dinilai Diskriminatif

 

DOMPU-Kehadiran Gubernur NTB, Zulkieflimansyah di Desa Hu,u Kecamatan Hu,u Kabupaten Dompu, NTB, Minggu (05/12) pagi kemarin diwarnai aksi protes warga.

Gubernur datang menghadiri acara peresmian Bank Sampah yang dikelola salah satu LSM di Kecamatan Hu,u.

Aksi protes sejumlah warga Hu,u dipicu sikap pihak Pemprov NTB yang dinilai tidak adil dalam menentukan arah kebijakan di pulau Sumbawa.

Warga menuntut perhatian pemerintah Provinsi NTB terhadap penataan kawasan wisata internasional pantai Lakey.

Objek wisata pantai Lakey sejak beberapa tahun terakhir menjadi kawasan strategis pengembangan pariwisata provinsi. Dan kini status pengelolaannya pun menjadi kewenangan pihak Pemprov NTB. “Mandalika, Senggigi sama dengan Lakey. Kenapa Lakey justeru tidak diperhatikan. Ayolah pak Gubernur perhatikan Lakey,” protes Mahdon salah seorang warga saat mencegat Gubernur NTB.

Gubernur yang dicegat warga usai kegiatan Bank Sampah itu tampak kaget dengan adanya aksi protes warga yang spontan terjadi. “Ayo pak kita sama-sama liat kondisi Lakey. Jangan kami di anaktirikan,” ujar Ali salah-seorang pemilik Hotel di Lakey.

Sedikit terjadi ketegangan antara warga dengan Gubernur Zulkieflimansyah. Warga merasa tidak diindahkan lantaran Gubernur langsung berjalan disaat warga menyampaikan aspirasinya. “Kita lagi ngomong pak tolong kami dihargai. Jangan bapak langsung pergi begitu saja,” tukas Mahdon lagi.

Pihak Gubernur punmerasa tersinggung dengan intonasi dan lontaran nada protes yang dilayangkan warga. “Jangan gitu juga kali. Bisa diomongin baik-baik. Tidak perlu teriak-teriak,” ujar Gubernur.

Suasana tidak nyaman itu pun tidak berlangsung lama karena Wakil Bupati Dompu Syarul Parsan yang saat itu menemani Gubernur langsung menenangkan situasi.

Usai melakukan dialog terbatas dengan sejumlah pelaku wisata. Gubernur akhirnya menyampaikan bahwa pihaknya akan segera megatensi apa yang menjadi keluhan warga. “Nanti akan kita hadirkan event surfing di Lakey. Berikut sarana dan infrastruktur penunjang lainnya,” papar Bang Zul sapaan Gubernur NTB. (DB0)

Komentar

Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Bijaklah dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA. Salam hangat. [Redaksi]