oleh

Bupati dan Pordasi NTB Cek Lokasi Arena Pacuan Kuda Bertaraf Nasional

 

DOMPU-Bupati Dompu Kader Jaelani bersama pengurus Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia (Pordasi) NTB, Rabu (16/02) siang tadi melakukan kunjungan ke padang Savana Doroncanga, Desa Soritatanga, Kecamatan Pekat.

Kunjungan itu bertujuan untuk melihat langsung lokasi yang bakal dijadikan arena pacuan kuda bertaraf nasional.

Pada kesempatan itu. Bupati AKJ juga didampingi ketua DPRD DOMPU, Andi Bachtiar, Kadis PUPR, Kadis Nakeswan, Kadis Kominfo, BPN, beserta pejabat Pemkab lainnya.

Sekitar pukul 10.00 rombongan bupati tiba di kawasan Doroncanga. satu persatu titik lokasi dicek dan dilihat langsung.

Cek lokasi itu pun dibantu oleh camera drown milik dinas Kominfo Kabupaten Dompu. Penggunaan alat ini sengaja dilakukan untuk melihat kondisi dari udara terhadap titik lokasi yang akan digunakan.

Setelah berkeliling melihat sejumlah lokasi. Rombongan akhirnya menyepakati lahan di sekitar pintu masuk objek wisata Saraenduha adalah lokasi yang tepat untuk pembangunan arena pacuan kuda bertaraf nasional. “Insya Allah ini cocok. View laut teluk salah dan background gunung Tambora bisa kita nikmati,” kata ketua Pordasi NTB, yang juga Bupati Dompu Kader Jaelani.

Kondisi visual lokasi tersebut selanjutnya akan dipresentasikan pihak Pordasi NTB ke pengurus Pordasi pusat dan KONI pusat.

Sebelumnya Gubernur NTB, Zulkieflimansyah dalam berbagai kesempatan mengungkapkan keinginan pemerintah untuk membangun sarana olahraga berkuda (Arena Pacuan Kuda) berskala nasional dan internasional di Kabupaten Dompu.

Awalnya Gubernur berencana memilih lokasi di kawasan sekitar Bendungan Tanju, Kecamatan Manggelewa. Namun belakangan hal itu diurungkan dengan pertimbangan kawasan tersebut adalah centra pertanian dan perkebunan.

Setidaknya 50 hektar luas lahan yang akan dibutuhkan untuk lokasi pembangunan arena pacuan kuda tersebut. Dan Doroncanga dinilai cukup ideal, apalagi selama ini kawasan padang Savana itu kerap menjadi pusat kegiatan peternakan.

Ratusan ribu ekor ternak kuda, sapi dan kerbau milik warga digembalakan di kawasan yang berada tepat di kaki Gunung Tambora itu.

Dengan adanya pusat olahraga berkuda di Doroncanga, pemerintah berharap akan berdampak positif terhadap perkembangan sektor pariwisata di Bumi Nggahi Rawi Pahu. “Cukup strategis. Lokasi ini berdekatan dengan pulau Moyo, teluk saleh, Satonda dan Tambora,” tutur ketua DPRD Dompu. (DB02)

Komentar

Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Bijaklah dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA. Salam hangat. [Redaksi]