oleh

Sekda Dompu Tinjau Lokasi Persiapan Festival Tambora

 

DOMPU-Sekertaris daerah (Sekda) Dompu Gatot Gunawan SKM, turun langsung ke Doroncanga meninjau lokasi persiapan kegiatan festival Tambora.

Pada kegiatan kunjungan Minggu (29/5) pagi kemarin Sekda didampingi sejumlah pejabat termasuk Dandim 1614 Dompu Letkol Kav, Taufik S.Sos dan Kapolres Dompu diwakili Kasi Propam AKP Rijal.

Sekitar pukul 10.30 Wita, Sekda dan rombongan tiba di Doro Ncanga atau dilokasi kegiatan tepatnya di area penangkaran rusa Timor (Sanctuary) Kawasan Balai Taman Nasional (BTN) Tambora.

Kedatangan rombongan Sekda Dompu disambut Kadis Budpar Ir. Abdul Muis MSi dan Deny Rahadi, S.Hut selaku Kasubag TU, BTN Tambora yang lebih awal tiba di arena Sanctuary.

Kunjungan Sekda dan rombongan adalah untuk memastikan dan sekaligus mematangkan persiapan dilokasi kegiatan.

Sebagai komandan lapangan, Kadis Budpar menjelaskan secara teknis dan detail tentang lay out atau tata letak lokasi yang akan digunakan sebagai tempat perhelatan puncak festival Tambora tanggal 4 hingga 5 Juni nanti.

Setiap penjelasan teknis perihal tempat atau denah yang dipaparkan Kadis Budpar, langsung dipasangi tanda atau patok dengan tujuan untuk memudahkan panitia dalam bekerja terutama menempatkan panggung utama, area VVIP, tenda Tambora Expo dan lainnya.

Hal teknis lainnya yang dimatangkan saat itu yakni menentukan lokasi tenda untuk masyarakat umum. Penyiapan fasilitas listrik oleh PLN dan sarana air bersih.

Penempatan lokasi untuk tenda tenaga medis dan pola pengamanan oleh personel Polres dan Kodim juga menjadi salah satu hal penting yang dibahas dalam kunjungan Sekda Dompu tersebut.

Dalam breafing ringan di kantor Sanctuary. Abdul Muis menyampaikan untuk lokasi hingga saat ini sudah fix. Ada sekitar seribu lembar undangan yang telah disiapkan. Dan akan disediakan 20 tenda UMKM.

Bagi peserta dan undangan nantinya diwajibkan membawa sarung Nggoli. Untuk kaum perempuan diminta memakai rimpu dan laki-laki menggunakan ikat kepala Sambolo. “Bersama pak Menteri kita semua akan ikut tari menggunakan sarung Nggoli,” ungkapnya.

Dandim menyampaikan agar masalah keamanan hendaknya menjadi perhatian bersama kendati secara teknis berada di pihak petugas keamanan. “Masalah kebersihan harus kita perhatikan. Semua harus bekerjasama agar acara ini sukses terlaksana,” ujarnya.

Sementara itu, Sekda meminta pimpinan OPD agar ikut aktif berpartisipasi menyukseskan festival Tambora.

Bagi setiap OPD yang dinilai aktif dan punya kreativitas selama mengikuti kegiatan festival Tambora, pihak Pemkab menurut Sekda akan memberikan reward. “Nanti ada hadiah. Mari kita sukseskan acara tahunan ini. Dan silahkan berkreasi,” pungkasnya.

Disela-sela waktu Ishoma Rombongan Sekda Dompu mendapatkan makan siang dengan menu masakan khas Dompu yang telah disediakan secara prasmanan oleh crew Camat Pekat. (DB02)

Komentar

Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Bijaklah dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA. Salam hangat. [Redaksi]