oleh

Hari Bakti Dokter, IDI Gelar Pelayanan Kesehatan Gratis di Lereng Gunung Tambora

DOMPU-Memperingati hari bakti dokter Indonesia tahun ini. Pengurus IDI cabang Kabupaten Dompu NTB, Minggu pagi kemarin menggelar bhakti sosial.

Aksi kemanusiaan yang dilaksanakan para dokter yang bertugas di Bumi Nggahi Rawi Pahu kemarin yakni memberikan pelayanan kesehatan gratis terhadap warga di Dusun Pancasila, Desa Tambora, Kecamatan Pekat.

Sebanyak 30 orang dokter dilibatkan. Selain IDI sebagai inisiator, kegiatan baksos pelayanan kesehatan tersebut juga melibatkan para apoteker yang tergabung dalam Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) cabang Kabupaten Dompu.

Adanya kegiatan tersebut mengundang animo masyarakat. Ratusan warga yang bermukim di lereng gunung Tambora tampak cukup antusias.

Meskipun sempat diguyur hujan lebat, antusiasme ratusan warga yang berdomisili diketinggian 500 Mdpl itu tidak terganggu.

Warga usia tua muda dan anak-anak sejak pagi hari terlihat mendatangi lokasi kegiatan yang dipusatkan di halaman kantor Desa Tambora.

Dibantu petugas Dinas Kesehatan (Dikes) Dompu dan pihak Pemdes setempat, warga yang datang mengantri tampak dilayani dengan penuh ramah dan humanis.

Setiap warga yang datang ke lokasi kegiatan dibagikan masker langsung oleh Kades Tambora, Hasanudin. Satu persatu warga didata kemudian dilakukan pemeriksaan kesehatannya.

Selanjutnya, para warga akan diberikan obat secara gratis. Warga akan diarahkan untuk penanganan lebih lanjut ke puskesmas atau RSUD jika didiagnosa menderita gejala tertentu yang tergolong berat.

Selain melaksanakan pelayanan kesehatan gratis. Pengurus IDI pada kesempatan itu juga menyerahkan sejumlah bantuan paket sembako

Ketua IDI, Kabupaten Dompu NTB, Dr I Wayan Sudiharta, SP.PD, FINASIM mengatakan kegiatan itu terselenggara berkat kerjasama pihak IDI, IAI dan Dikes dalam momentum memperingati hari bakti Dokter Indonesia.

Terlaksannya kegiatan dimaksud menurut Wayan, sebagai wujud dedikasi IDI dalam menjamin kesehatan masyarakat terutama bagi warga yang berada di daerah atau wilayah pelosok. “Sangat berbahagia sekali kami bisa hadir berikan pelayanan kesehatan langsung ditengah masyarakat,” katanya.

Kegiatan semacam ini, kata Wayan setiap tahunnya tetap rutin dilaksanakan pengurus IDI Kabupaten Dompu. Bahkan dalam setahun baksos bisa digelar sebanyak empat kali.

Atas nama IDI, Wayan menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat membantu pelaksanaan kegiatan tersebut.

Secara khusus IDI memberikan apresiasi kepada Kepala Desa Tambora dan jajarannya karena dinilai cukup membantu sehingga kegiatan sukses terlaksana.

Selaku tuan rumah, Kades Tambora, Hasanuddin mengatakan kegiatan yang digelar IDI, IAI dan Dikes itu adalah kegiatan yang luar biasa karena dianggp sangat bernilai manfaat bagi warga Desa Tambora dan Kecamatan Pekat pada umumnya. “Atas nama masyarakat kami sangat berterima kasih. Tentu ini rejeki bagi warga kami di Tambora,” tutur Kades tiga periode itu. (DB02)

Komentar

Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Bijaklah dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA. Salam hangat. [Redaksi]