oleh

Layanan Kesehatan, Dikes Dompu Akan Buka PSC Jara Pasaka

DOMPU –Dinas Kesehatan Kabupaten Dompu akan segera membuka layanan kesehatan Public Safety Center (PSC) Jara Pasaka. Wadah ini bertugas untuk merespon dan menindaklanjuti informasi, pengaduan serta keluhan masyarakat.

Kadis Kesehatan Dompu, Maman SKM,M,Kes mengemukakan wadah PSC merupakan ujung tombak pelayanan gawat darurat Pra Fasilitas Pelayanan Kesehatan (Fasyankes) di daerah. ”PSC Jara Pasaka akan segera terwujud dalam memberikan layanan tercepat pada masyarakat,” ungkap Maman

Dalam pelayananya  PSC dibuka selama 24 jam dan lokasi direncanakan di Kantor Dinas Kesehatan, RSU atau lokasi lain yang ditetapkan Pemkab Dompu.

Sedangkan tugas PSC disebut sebagai pemberi pelayanan gawat darurat, pemandu pertolongan pertama (first aid), mengevakuasi korban/pasien gawat darurat dan pengkoordinasi dengan Fasyankes. “Petugas di PSC meliputi, koordinator, tenaga kesehatan, operator call center dan tenaga lainnya,” papar Maman.

Menghadapi pembentukan PSC saat ini sedang dirancang  payung hukum dan regulasi serta persiapan lokasi dan sumber daya manusia (SDM).

Selain itu, dipersiapkan sarana dan prasarana (Sarpras) untuk call center, Standard Operasional Prosedur (SOP), jejaring hingga sarana telekomunikasi dan informasi.

Selanjutnya, menyiapkan jejaring PSC 119 yang berfungsi sebagai pusat koordinasi pelayanan emergency (darurat). Seperti Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP), Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjut (FKRTL), Ambulance dan Manajemen, Palang Merah Indonesia (PMI) dan lainnya. (Adv)

Komentar

Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Bijaklah dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA. Salam hangat. [Redaksi]