oleh

Tips Merawat HP Baru Agar Tetap Awet

Memiliki smartphone baru membuat Anda kegirangan karena masih gress dan asyik dibuat foto selfie, mencoba aplikasi baru, dll. Namun HP baru juga harus dirawat agar lebih awet dan tidak berakhir di tempat sampah hanya dalam beberapa minggu setelah dibeli. Sudahkah Anda mengetahui beberapa trik dan tips rawat HP agar lebih enak dan awet dipakai?

Berikut ini beberapa kiat yang wajib Anda coba agar ponsel lebih tahan lama dan bisa awet dipakai selama bertahun-tahun:

1. Jangan Dipakai Ketika Mengisi Daya

Saat baterai ponsel nyaris sekarat maka Anda cepat-cepat mengambil charger, tetapi apakah tetap memakai gawai tersebut untuk chatting atau menonton video streaming? Kebiasaan ini sangat berbahaya karena daya listrik yang masuk langsung dikeluarkan. Jadinya akan membuat baterai HP tidak awet, dan harga baterai yang asli tidaklah murah.
Ketika mengisi daya (charging) maka tinggalkan saja dan lakukan aktivitas lain. Jika urgent, pakailah charger dengan pengisian daya cepat agar baterainya lekas terisi. Jangan khawatir karena charger tipe ini aman bagi baterai dan ponsel Anda.

2. Layar Disentuh dengan Hati-Hati

Tips rawat HP yang selanjutnya adalah layarnya harus disentuh dengan hati-hati, baik dengan jari atau pen khusus. Jangan memakai benda lain seperti ujung bolpen karena khawatir bisa merusak screen-nya.

3. Pastikan Pakai Charger Original

Saat ini ada berbagai merek charger tetapi agar ponsel lebih awet, pastikan memakai yang original. Charger asli akan memberi daya listrik yang stabil dan lancar sehingga baterai HP akan aman. Jangan tergoda dengan merek lain yang memang jauh lebih murah tetapi kualitasnya juga sangat murahan.

4. Jangan Unduh Terlalu Banyak Aplikasi

Ada berapa RAM dan memori ponsel baru Anda? Wajib untuk dilihat dan dihafalkan agar tidak terlalu banyak mengunduh aplikasi di dalamnya. Aplikasi-aplikasi memang menarik tetapi hanya download yang diperlukan saja. Ketika terlalu banyak apps di ponsel, selain bisa menguras daya baterai, juga membuat memori selalu penuh dan HP jadi kurang nyaman untuk digunakan. Hapus saja aplikasi yang kurang diperlukan dan wajib ada skala prioritas.

5. Bersihkan Cache dan File Secara Berkala

Cache wajib dibersihkan agar performa ponsel selalu bagus. Selain itu, sebuah HP bisa kurang awet ketika filenya menumpuk banyak, mulai dari foto, video, hasil screenshot, dll. Hapus file yang tidak diperlukan atau pindahkan ke gawai lain untuk mengamankannya.
Ketika HP terlalu penuh sesak oleh cache dan file maka sangat berbahaya karena memorinya hampir mencapai 100% dan ketika overload, gawai bisa error. Saat dinyalakan maka hanya muncul logo dan tidak bisa dipakai, dan Anda menangis karena menyesal. Oleh karena itu file dan cache dalam ponsel wajib dibersihkan, kalau bisa tiap malam.

6. Jangan Teledor Meletakkan HP

Jika ingin HP tetap awet maka jangan teledor saat menaruhnya, misalnya saat malam hari. Biasanya Anda asyik scroll di media sosial lalu mengantuk dan bersiap untuk tidur. HP yang hanya diletakkan di kasur bisa beresiko jatuh dan rusak. Oleh karena itu ponsel baru harus disimpan di tempat yang sekiranya aman, misalnya di atas nakas atau di dalam laci meja.
Saat memiliki ponsel baru maka Anda akan mencari tips rawat HP dan akan memakainya dengan hati-hati, serta meletakannya di tempat yang aman. Ponsel juga dibiarkan saja saat diisi dayanya. Smartphone terbaru dari Huawei yakni Huawei Mate X3 dijamin awet dan sangat unik karena ia adalah ponsel layar sentuh tetapi bisa dilipat. Dapatkan HP Huawei terbaru hanya di Blibli, marketplace paling terpercaya di negeri ini.

Komentar

Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Bijaklah dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA. Salam hangat. [Redaksi]