oleh

Cegah DBD Warga Minta Abate

 DOMPU—Seiring adanya warga yang positif menderita penyakit DBD, sejumlah warga kota Dompu meminta Dikes segera mengambil langkah kongkrit guna menekan ancaman DBD. Salah satu langkah kongkrit yang diharapkan warga untuk dilakukan petugas Dikes Dompu saat ini yakni membagikan bubuk Abate ke sejumlah warga.

Beberapa orang warga saat ditemui di RSUD Dompu mengatakan pemerintah dalam hal ini Dikes harus secepatnya mengambil langkah antisipasi. ‘’Jangan sampai menuggu ada warga yang sakit baru bertindak,’’ tukas Muin salah seorang warga.

Warga meminta upaya awal yang harus dilakukan Dikes, minimal melakukan pembagian bubuk Abate ke sejumlah warga. Terutama wilayah perkampungan warga yang selama ini dianggap rawan munculnya penyakit akiba gigitan nyamuk Aedes aegypti tersebut. ‘’Minimal pembagian abete dulu lah,’’ tukas Ibu Yani warga lainnya.

Menanggapi itu, Kadikes Dompu Gatot Gunawan SKM menuturkan pihaknya saat ini tengah menindak lanjuti dan turun lapangan mengecek kondisi lingkungan tempat tinggal pasien yang dinyatakan positif DBD. ‘’Petugas kita sudah turun mengecek riwayat pasien,’’ katanya.

Aksi turun lapangan tim Dikes kata Gatot juga melakukan pengecekan terhadap populasi nyamuk Aedes aegypti disekitar lingkungan rumah pasien. ‘’Dari hasil itu baru bisa dilakukan fogging,’’ ujarnya. Terkait permintaan warga agar Dikes membagikan Abate, menurut Gatot itu merupakan jalan terakhir yang akan ditempuh. ‘’Yang utama itu kesadaran warga menjaga kebersihan lingkungan rumah,’’ pungksanya.

Komentar

Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Bijaklah dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA. Salam hangat. [Redaksi]