Kesulitan Air, Warga Lingkungan Renda Demo PDAM

0

DOMPU – Persoalan krisis air bersih yang melanda beberapa desa dan kelurahan di wilayah Kabupaten Dompu khususnya di Kecamatan Woja, hingga tahun 2018 ini belum juga teratasi.

Warga pelanggan PDAM kini kembali uring-uringan dan sangat mengeluhkan terkait pelayanan air bersih. Disejumlah akun dan beranda media sosial seperti Facebook banyak komponen masyarakat memprotes keras dan menyoroti terkait macet dan tidak normalnya pendistribusian air yang dilakukan oleh perusahaan daerah tersebut.

Senin (21/05) pagi tadi, sejumlah warga Lingkungan Renda, Kelurahan Simpasai, nekat mendatangi mendatangi kantor PDAM Dompu dan menggelar aksi unjukrasa.

Aksi demo yang dimotori para tokoh pemuda Kelurahan Simpasai itu digelar tepat di ruas jalan depan kantor PDAM. Unjuk rasa ini pun cukup menyita perhatian warga dan pengguna jalan, sebab dilakukan pada bulan puasa. Tentu saja aksi ini berimbas pada terganggunya aktivitas lalulintas dijalan yang menghubungkan ke terminal Ginte itu. “Dari dulu hingga sekarang distribusi air tidak pernah maksimal. Ada apa dengan PDAM, padahal uang miliaran rupiah tiap tahun disediakan pemerintah,” teriak Rio, salah seorang orator.

Warga mempersoalkan kebijakan kenaikan tarif harga air yang dilakukan PDAM. Menurut pendemo, hal itu bisa saja dilakukan dengan catatan pelayanan yang prima harus pula diberikan oleh pihak PDAM. “Tiap tahun penyertaan modal ada. Harga aik tetap naik. Fakta dilapangan malah pelayanan ke pelanggan tidak maksimal,” cetus pendemo.

Pendemo mendesak Bupati dan DPRD untuk segera bersikap dan mencarikan solusi atas persoalan krisis air bersih yang diderita warga. “Bupati perintahkan inspektorat mengaudit dana penyertaan modal. Dan DPRD secepatnya panggil Dirut PDAM minta pertanggungjawaban atas penggunaan uang penyertaan modal,” tandas Rio melalui megaphone, sembari mengakhiri aksinya.

Pengamatan media ini, aksi demo warga tersebut tidak mendapatkan tanggapan dari pihak PDAM. Dari awal hingga akhir aksi itu tidak tampak satupun perwakilan PDAM yang keluar menemui dan menanggapi pendemo.

Dan berkat kesigapan aparat kepolisian di bawah komando langsung Kapolsek Woja Ipda Rusdi, SH aksi unjukrasa warga tampak berjalan aman dan terkendali. (DB02)

Komentar