oleh

Penyampaian LKPJ, DPRD Dompu Walk Out

DPRD Dompu kembali beraksi, senin 26/3 sebanyak 19 anggota dewan ramai-ramai tinggalkan ruangan rapat paripurna (walk out) karena kecewa dengan sikap pimpinan SKPD yang tidak mau hadir dalam agenda laporan LKPJ Bupati. Akibat walk out rapat akhirnya ditunda dan dilanjutkan pada malam harinya.

Sedianya laporan LKPJ Bupati akan disampaikan oleh wakil Bupati Dompu Ir H Syamsuddin MM, tetapi karena tidak satupun pimpinan SKPD yang hadir maka sejumlah anggota DPRD yang hadir menolaknya, tidak itu saja mereka ramai-ramai meninggalkan ruang rapat utama. ”Eksekutif tidak menunjukan kemitraan yang baik, undangan DPRD dilecehkan,” teriak beberapa anggota DPRD sambil meninggalkan ruangan.

Pimpinan rapat Drs H Hidayat Ali yang didampingi wakil Bupati tak kuasa menahan aksi para wakil rakyat itu, menurut ketua komisi II H Didi Wahyuddin didampingi Kurnia Ramadhan, aksi itu merupakan pembelajaran bagi eksekutif karena kebiasaanya tidak mengindahkan undangan. Padahal yang paling esensial untuk mengikuti rapat pertanggung jawaban keuangan Bupati mestinya pimpinan SKPD yang nota bene sebagai pelaksana dieksekutif. ” Ini Sudah tidak dan kami sangat kecewa sekali,” tandas mereka.

Tetapi ungkapan berbeda datang dari sejumlah pimpinan SKPD yang datang setelah aksi walk out, menurut pimpinan SKPD aksi walk out itu adalah sebuah sikap yang tidak terpuji, persoalan molor sebenarnya dimulai oleh anggota DPRD sendiri yang kerap molor beberapa jam lamanya.” Kami baru molor beberapa saat langsung bersikap seperti ini,” ungkap beberapa pimpinan SKPD kesal.

Telatnya mereka hadir di DPRD menurutnya lebih disebabkan ada acara yang sama, sehingga untuk datang ke DPRD menunggu setelah acara selesai. ”Ini kita tidak sengaja, hanya karena ada undangan yang sama,” ujar beberapa pimpinan SKPD yang kebetulan disitu ada wakil Bupati.

Sementara wakil Bupati sendiri yang berusaha dikonfirmasi menolak diwawancarai karena langsung mengajak seluruh pimpinan SKPD untuk datang keruanganya. Tidak diketahui apa isi pembicaraan antara wakil Bupati dan para kepala dinas dan kantor diruanganya, tapi yang jelas setelah beberapa jam kemudian datang kembali Sekda Dompu H Agus Buhari kekantor dewan untuk menemui pimpinan DPRD.

Informasi yang diperoleh kedatangan Sekda untuk membicrakan kembali jadwal rapat penyampaian LKPJ Bupati dan disepakati dilanjutkan pada malam harinya.

 

Komentar

Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Bijaklah dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA. Salam hangat. [Redaksi]