oleh

Gerhana Bulan Tanpa Kareku ‘Kandei’ Lagi

DOMPU–Gerhana bulan terjadi pada senin malam 4/6-2012 atau puncaknya dapat sisaksikan sekitar pukul 19.00 wita. Tidak banyak yang menyadari atas proses alam ini, berbeda dengan jaman tempo dulu gerhana bulan disambut meriah dari kampung ke kampung terdengar bunyi lesung (bhs mbojo,red) bertalu-talu.

Bunyi khas menyambut dan memeriahkan gerhana bulan di Kabupaten Dompu tak lagi terdengar, tidak ada lagi Kandei (lesung) yang dipukul-pukul lenyap oleh kebisingan kota dan hingar bingar oleh dentuman musik.

Saya sendiri berusaha menikmati gerhana bulan dengan memilih sebuah bukit agar tidak terhalang pandangan, begitu muncul diufuk timur posisi bulan yang warna keemasan dibingkai oleh balutan hitam pada setengah pinggiran. Lama-lama balutan hitam makin membesar dan menjepit sebahagian isi bulan. Pemandangan yang memang sangat mengasikan, tetaoi lama-lama jepitan hitam lepas kembali dan bumi terang benderang kembali. (db-01)

Komentar

Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Bijaklah dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA. Salam hangat. [Redaksi]