oleh

Letusan Tambora Belum Populer?

DOMPU–Letusan dahsyad gunung Tambora Pulau Sumbawa NTB diclaim belum populer dikalangan masyarakat dan mahasiswa, akibatnya perhelatan akbar menjelang peringatan dua abad Tambora belum begitu menggema bahkan masih ada yang belum mengerti

Sekjen Perserikatan Budaya Bangsa-Bangsa (PBBB), Prof. Dr. Agus Sumbolo mengakui kalau sejarah ketusan gunung Tambora sudah mendunia dan telah siap pula menyongsong peringatan 200 tahun meletusnya gunung api itu pada 11 april 2015 mendatang.

Sayangnya kata Agus yang juga guru besar ITB ini peristiwa itu belum dipublis secara baik sehingga masih banyak yang belum mengetahuinya. Gaung HUT dua abad meletusnya gunung tertinggi di Pulau Sumbawa itu belum berjalan sebagai yang diharapkan.

Dicontohkan ketika berusaha menelusuri disalah satu kampus negeri di Mataram ternyata sebahagian belum mengetahui akan hal itu. ”Sekarang jamanya informasi global, saya khawatir justru orang Amerika lebih mengetahui akan hal ini,” tuturnya.

Dia berharap sejarah letusan gunung Tambora ditahun 1815 dapat menjadi sejarah dunia dan menjadi dokumentasi bagi masyarakat Indonesia. Karena itu sejarah letusan Tambora akan di filemkan secara kolosal yang akan melibatkan ribuan orang, termasuk didalamnya sejumlah artis ibukota dan masyarakat dunia.

Komentar

Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Bijaklah dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA. Salam hangat. [Redaksi]