oleh

Tradisi Mencari Kayu

OLEH : MUHAMMAD YUSRIL RAMDHAN

 

TEMPO dulu kayu menjadi andalan bagi kebutuhan dapur terutama untuk memasak, karena itu setiap hari persedian kayu dirumah harus selalu ada, sebab kalau tidak tersedia maka kegiatan masak-memasak terancam dan tentu saja perut tidak akan terisi.

Karena itu kewajiban setiap rumah tangga harus rela mencari kayu bakar, pilihanya adalah digunung-gunung terdekat. Ketersediaan kayu bakar sudah menjadi kewajiban setiap penghuni rumah tangga, apakah itu bapak, ibu, jejaka atau gadis, bahkan anak-anak.

Masyarakat tempo dulu mencari kayu di hutan adalah sebuah kegiatan yang menjadi indikator bagi seseorang dianggap rajin dan bertanggung jawab terhadap rumah tangga. Tidak heran sepasang suami istri mengawali kisah kasihnya saat bersama mencari kayu dihutan.

Bagi seorang perjaka yang kuat memanggul beban dihutan diyakini mampu menanggung beban kehidupan yang berat sekalipun, begitu juga bila seorang gadis sabar dan tahan berada dihutan maka diyakini akan sabar menjalani kehidupan berumah tangga.

FOTOGRAFER : MUH YUSRIL RAMADHAN

MODEL : CINTYA

 

 

Komentar

Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Bijaklah dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA. Salam hangat. [Redaksi]