oleh

PBB Lolos, Pertarungan Dapil II Dompu Makin Keras

DOMPU–Partai Bulan Bintang akhirnya diloloskan KPU sebagai peserta pemilu tahun 2014 mendatang, sebelumnya melalui pengadilan tata usaha negara partai itu mengalahkan KPU dengan putusan memerintahkan KPU untuk mengikutkan PBB sebagai peserta pemilu tahun 2014 mendatang.

Dalam jumpa pers yang berlangsung senin 18/3 dikantor KPU Jalan Imam Bonjol Jakpus, KPU mengamini keputusan PTUN dan siap merubah SK nomor 5 dengan memasukkan PBB sebagai parpol ke-11 Pemilu 2014.

Hadir dalam jumpa pers itu 5 komisioner lainnya, Sigit Pamungkas, Arif Budiman, Juri Ardiantoro, Ferry Kurnia Rizkiyansyah, dan Ida Budhiati serta Sekjen KPU Arif Rahman Hakim.

Pertimbangan yang dimaksud adalah jika KPU menyatakan sikap kasasi maka proses yang akan dilampaui di MA paling tidak sesuai pasal 269 ayat 9, MA wajib memberikan putusan atas permohonan kasasi paling lama 30 hari kerja sejak kasasi diterima.

“Sementara proses pendaftaran anggota DPR dan DPRD akan diselenggaran tgl 9-22 April 2013. Sehingga jika bandingkan dengan lamanya waktu kasasi dengan proses tahapan pencalonan maka proses pencalonan akan terlampaui karena akan memasuki proses verifikasi calon dan sebagainya,” ucap Husni.

“KPU mempertimbangkan hak dari partai yang berkeinginan menjadi peserta Pemilu dan memenuhi syarat sebagaimana peraturan perundangan dimana salah satu lembaga yang diberi kewenangan semua syarat itu adalah lembaga peradilan,” lanjutnya.

Atas putusan ini KPU akan menyampaikan kepada pemohon maupun parpol yang sebelumnya telah ditetapkan sebagai peserta Pemilu 2014.

Sementara itu bertambahnya parpol perseta menjadi 11 partai akan semakin mengencangkan pertarungan disejumlah daerah pemilihan (Dapil). Seperti di Kabupaten Dompu yang terdiri dari tiga Dapil. Dapil II yang terdiri dari Kecamatan Woja dan Kilo akan menjadi dapil yang paling seru karena kursi yang disediakan hanya delapan kursi. ”Jadi wajib tiga partai yang tak akan kebagian kursi,” ujar sejumlah politisi diwilayah itu.

Sementara di dua dapil yang lain yang sama-sama memiliki 11 kursi tidak terlalu kesulitan, sebab kalau saja dibagi rata maka seluruh partai akan kebagian kursi masing-masing satu kursi.

 

Komentar

Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Bijaklah dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA. Salam hangat. [Redaksi]