oleh

Semburan Asap Vulkanik Sangiang Capai 3.000 Meter

Semburan asap vulkanik akibat letusan gunung Sangiang Kecamatan Wera Kabupaten Bima pada jum’at 30/5/2014 mencapai 3.000 meter keangkasa. Karena itu peristiwa alam tersebut tidak hanya bisa disaksikan oleh warga Kabupaten Bima dan Kota Bima saja, melainkan warga di Kabupaten Dompu juga dapat menyaksikan secara jelas.

“meletus tadi sekitar pukul 15.55 Wita. Ketinggian asap mencapai 3.000 meter yang mengarah ke barat,” ujar Kepala Badan Geologi Surono, yang dikonfirmasi wartawan pada jum’at 30/5.

Gunung Sangiang merupakan gunung berapi aktif bertipe strato yang termasuk dalam kawasan konservasi. Gunung yang memiliki ketinggian sekitar 1986 mdpl ini memiliki pemandangan yang sangat menakjubkan di atas puncaknya.

Menurut Surono selama ini Gunung Sangiang memang berstatus waspada. Tidak ada laporan korban jiwa akibat letusan gunung tersebut.

Bagi masyarakat di Kabupaten Dompu meletusnya gunung api sangiang yang terletak ditengah laut itu justru menjadi tontonan menarik. Bahkan setiap orang mengajak keluarganya untuk menyaksikan detik-detik semburan dari kejauhan sampai gulungan asap yang membubung tinggi hilang tersapu angin yang kencang.

 

Komentar

Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Bijaklah dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA. Salam hangat. [Redaksi]