oleh

Kabut Asap Nyerang Kota Dompu

DOMPU–Kabut asap juam’at siang 3 oktober 2014 menyerang kota Dompu, Pajo, Woja dan sekitarnya. Belum diketahui asap itu berasal. Tapi diduga kuat api berasal dari hutan yang terbakar disekitar itu. Masyarakat menyesalkan asap yang tiba-tiba menyerang bahkan sampai membuat mata perih.

Asap juga sempat mengganggu pandangan para pengendara, sejumlah angkutan kota terlihat menyalakan lampu agar dapat melihat lebih terang, begitu juga sejumlah jama’ah yang baru turun jum’at terpaksa menutupi bagian muka dengan sajadah dan sejenisnya. ”Wah asap apa lagi ini, perih sekali,” kesal H M Noor warga Kelurahan Kandai II usai jum’at kemarin.

Akibat kabut asap yang menyerang, redaksi ini menerima puluhan keluhan atas musibah itu. Belum diketahui secara pasti sebab musabab asap tersebut. Tetapi Kasi Pengamanan Hutan Dishut Dompu M Faidin S Sos melalui handphonenya mengaku kalau asap itu berasal dari kebakaran kebun jati masyarakat di Kecamatan Pajo. ”Laporan anak buah, itu kebakaran daun jati milik masyarakat di Kecamatan Pajo,” sanggah Faidin.

Namun demikian pihaknya akan segera meluncur kelokasi untuk memastikan apakah benar kebakaran itu melanda kebun jati masyarakat diluar kawasan hutan. ”Kini saya sedang meluncur kesana,” terangnya.

Sementara Ketua Fortani Dompu Ir Muttakun menyatakan bahwa inilah sebuah hal yang dikhawatirkan selama ini. Aktifis yang sangat konsen terhadap kehutanan ini menduga meratanya kabut asap yang menyerang kota Dompu dan sekitarnya akibat kebakaran hutan yang dibiarkan pemerintah dan aparat yang berwenang.

Karena itu langkah segera yang harus dilakukan sekarang Muttakun minta agar Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) segera turun tangan dengan membagikan masker kepada warga. sebab kalau tidak akan berdampak kepada munculnya penyakit Ispa dan sesak napas.

Komentar

Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Bijaklah dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA. Salam hangat. [Redaksi]